Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi

Zulfikar, Radea Muhamad (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang ada agar sesuai dengan kebutuhan dilapangan. LKPD yang dibuat yakni menggunakan tahapan inkuiri terbimbing yang diaplikasikan pada materi usaha dan energi, tiap tahapnya menuntun peserta didik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya, selanjutnya bertujuan untuk melihat kelayakan dari LKPD yang dibuat dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakannya. Pembuatan LKPD ini menggunakan metode pengembangan yakni Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan, Evaluation). LKPD yang dibuat sudah dikatakan layak yang ditunjukan oleh hasil pengujian dan pemvalidasian oleh para ahli dan guru fisika yang berkategori sangat baik, dengan rata-rata presentase sebesar 86,76 %. Selain itu didapatkan dari angket respon peserta didik ketika uji coba skala keci dengan presentase 79,62% dan pada skala besar dengan presentase 80,17 %. Kemudian didapatkan dari nilai rata-rata KKM peserta didik yang 100% mencapai KKM dengan nilai rata-rata 74,03. Kemudian untuk peningkatan keterampilan berpikir kritisnya didapatkan pada proses penggunaan LKPD skala besar yang menggunakan metode penelitian dengan desain pre eksperimen one group pretest-posttest. Didapatkanlah N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa setelah penggunaan LKPD, terdapat peningkatang mengenai keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan; R&D; ADDIE; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Berpikir Kritis; Usaha; Energi
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 May 2018 18:52
Last Modified: 30 May 2018 18:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/8897

Actions (login required)

View Item View Item