Hajar, Siti (2016) Penerapan Model Pembelajaran Challenge Basd Learning (CBL) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematis Siswa: Penelitian Eksperimen terhadap Siswa MTs Miftahul Falah Kelas VIII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (a) Gambaran proses pembelajaran matematika yang memperoleh model CBL. (b) Gambaran proses pembelajaran matematika yang memperoleh model PBL. (c) Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa siswa yang memperoleh model CBL, PBL, dan konvensional. (d) Perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model CBL, PBL dan konvensional. (e) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model CBL dan PBL. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan data simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di MTs Miftahul Falah dengan sampel sebanyak tiga kelas yaitu kelas VIII C dengan model CBL, VIII D dengan model PBL dan VIII C dengan model kovensional. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CBL secara umum terlaksana dengan baik. (b) Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL secara umum terlaksana dengan baik (c) Terdapat perbedaan penigkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model CBL,PBL dan konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji ANOVA pada taraf signifikansi α=5% diperoleh sig ANOVA lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,005 < 0,05. (d) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model CBL,PBL dan konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji Kruskall Wallis pada taraf signifikansi α=5% diperoleh nilai Sig. anova lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,006 < 0,05. (e) Sikap siswa terhadap model CBL dan model PBL secara umum positif karena dilihat dari hasil perhitungan rata-rata sikap lebih dari sikap netral,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif Matematis; CBL; PBL |
Subjects: | Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 30 May 2018 18:54 |
Last Modified: | 30 May 2018 18:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8900 |
Actions (login required)
View Item |