Pengaruh persepsi bimbingan keagamaan terhadap akhlaq siswa SMAN 1 Simpenan Kab. Sukabumi: Studi Penelitian siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Simpenan Kab.Sukabumi

Nuraeni, Ula (2016) Pengaruh persepsi bimbingan keagamaan terhadap akhlaq siswa SMAN 1 Simpenan Kab. Sukabumi: Studi Penelitian siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Simpenan Kab.Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAPUS SKIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Penelitian tentang “ Pengaruh Persefsi Bimbingan Keagamaan terhadap Akhlaq Siswa” bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan serta pengaruh pelaksanaan bimbingan keagamaan yang berada di SMAN 1 Simpenan. Dengan menanamkan sumber pegangan yang bisa memberikan motivasi kepada siswa untuk berbuat hal-hal yang sederhana dan menemukan jati dirinya serta memiliki kesadaran akan mengamalkan ajar agama islam dengan ibadah praktis seperti mengadakan bimbingan shalat dan bimbingan baca al-quran. Fungsi bimbingan ini tentunnya sebagai tindakan pencegahan dan pengembangan nilai tingkah laku dan jiwa yang negative. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan kuantitatif deskriptip, dengan pengumpulan data berupa angket yang di lakukan kepada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Simpenan yang telah mempelajari tentang bimbingan keagamaan dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan prosentase dan statistika dari for software SPSS 20 windows release dari tes diagnostik yang di lakukan terhadap subjek penelitian tersebut. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa siswa yang mengikuti bimbingan keagamaan di sekolah itu lebih besar ketimbang siswa yang tidak mengikuti bimbingan keagamaan di sekolah. Yang di mana kegiatan bimbingan keagamaan ini di lakukan secara intensif atau seminggu sekali. Hasil yang di peroleh dari angket yang di berikan kepada siswa untuk membandingkan yaitu menunjukan bahwa : 1. Bimbingan keagamaan = R hiting ialah 0.463 ( kategori Sedang) sedangkan pengaruh terhadap akhlaqnya R (Square) ialah 21,5 % dan 78,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor dari luar. 2. Tidak mengikuti Bimbingan Keagamaan = R hitung ialah 0,395 (kategori Rendah) Sedangkan pengaruh terhadap ahklaq nya R (Square) ialah 15,6 % dan 84,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor dari variable lain diluar model yang diteliti oleh penulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 May 2018 18:54
Last Modified: 30 May 2018 18:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item