Manajemen mutu dalam pengembangan kompetensi profesional dan pedagogik guru di madrasah aliyah swasta : Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin dan Madrasah Aliya Plus Keterampilan Darul Hikmah Cibatu Purwakarta

Masripah, Imas (2024) Manajemen mutu dalam pengembangan kompetensi profesional dan pedagogik guru di madrasah aliyah swasta : Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Muhajirin dan Madrasah Aliya Plus Keterampilan Darul Hikmah Cibatu Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI 4.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTALA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian manajemen mutu pengembangan kompetensi professional dan pedagogic guru ini dilatar belakangi oleh adanya data kualitas guru di Indonesia yang masih rendah hal tersebut mendorong penulis untuk meneliti bagaimana manajemen mutu pengembangan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Purwakarta dalam hal ini Kabupaten Purwakarta. Madrasah Aliyah Al-Muhajirin dan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Darul Hikmah Cibatu merupakan madrasah yang sudah lama berdiri yaitu tahun 1997 dan 1993. Walaupun di letak madrasah yang berbeda dimasah Aliayh Al-Muhajirin Purwakarta ada di tengah Kabupaten Purwakarta sedangkang Madrasah Aliyah Plus Keterampilan ada di perbatasan kabupaten Purwakarta dan Subang. Penelitian ini menggukana pendekatan kualitatif dan model penelitian deskriftip sedangkan untuk Teknik pengambilan datanya menggunakan Teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitan menunjukkan bahwa profil kompetensi professional dan pedagogic di Madrasah Aliyah swasta sudah sangat baik terlihat hanya 15% pendidik yang belum berkualifikasi strata 1, menggunakan model pembelajaran yang beragam baik PBL, PjBL, ataupun inquiry atau discovery penggunaan teknologi yang sudah sangat baik pula. Sedangkann, profil kompetensi professional dan pedagogic di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Darul Hikmah masih ditaraf cukup karena ada beberapa guru yang masih merangkap dalam mengajar serta belum maksimalnya pengembangan koompetensi guru di madrasah. Manajemen Mutu dalam Pengembangan kompetensi professional dan pedagogic guru di madrasah Aliyah Al-Muhajirin Purwakarta sudah sangat baik terlihat dari kontinuitas pelaksanaan supervisi, berkala mengadakan IHT atau workshop serta evaluasi yang berkala. Sedangkan, Manajemen mutu dalam pengembangan kompetensi professional dan pedagogic guru di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Darul Hikmah Cibatu masih dalam taraf cukup karena belum mekamsimal program-progam pengembangan kompetensi seperti minimnya adanya pelatihan atau workshop walaupun dalam pelaksanaan supervise sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu; PDCA; Kompetensi Profesional; Kompetensi Pedagogik
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imas imas Wijaya
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:28
Last Modified: 25 Jun 2024 06:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89144

Actions (login required)

View Item View Item