Tinjauan yuridis atas putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung nomor 146/Pdt.G/2021/PN Blb terhadap onrechtmatige daad penguasaan tanah tanpa hak atas tanah

Fauzi, Muhammad Yubians (2024) Tinjauan yuridis atas putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung nomor 146/Pdt.G/2021/PN Blb terhadap onrechtmatige daad penguasaan tanah tanpa hak atas tanah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy

Abstract

Sengketa kepemilikan dan penguasaan tanah yang diperoleh tanpa hak dengan menguasai tanah yang kepemilikan atas tanah tersebut telah dimiliki oleh orang lain saat ini banyak ditemui. Hal tersebut merupakan suatu perbuatan melanggar hukum yang sebagaimana tercantum dalam pasal 1365 KUHPerdata. Hal serupa terjadi pada sengketa di Pengadilan Negeri Bale Bandung dengan nomor register perkara 146/Pdt.G/2021/PN.Blb. Tergugat setelah menjual tanah kepada penggugat akantetapi tergugat masih menguasai tanah tersebut selama puluhan tahun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hukum hakim dalam perkara perbuatan melanggar hukum putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung dengan nomor register Perkara : 146/Pdt.G/2021/PN.Blb, Untuk mengetahui analisis hukum perbuatan melanggar hukum penguasaan tanah tanpa hak atas tanah putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung dengan nomor register perkara : 146/Pdt.G/2021PN.Blb, untuk mengetahui akibat hukum perbuatan melanggar hukum pada putusan Pengadilan Negeri Bale Bandung dengan nomor register perkara : 146/Pdt.G/2021/PN.Blb. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan studi analisis isi yaitu penelitian yang dilakukan terhadap isi dalam putusan pengadilan. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dalam sengketa perbuatan melanggar hukum penguasaan tanah tanpa hak atas tanah dengan nomor register perkara 146/Pdt.G/2021/PN.Blb di Pengadilan Negeri Bale Bandung adalah penggugat berhasil membuktikan bahwa penggugat merupakan pemilik yang sah atas tanah tersebut dan tergugat terbukti sudah melakukan perbuatan melanggar hukum dengan melakukan penguasaan tanah tanpa hak. Akan tetapi penggugat tidak menerima ganti kerugian atas penguasaan tanah tanpa hak yang sudah dilakukan penggugat selama puluhan tahun dengan pertimbangan penggugat tidak memiliki alat bukti yang cukup untuk membuktikan kerugian tersebut. Akibat hukum adanya perbuatan melanggar hukum adalah dengan keluarnya surat putusan dari pengadilan yang memerintahkan untuk mengosongkan tanah milik penggugat yang dikuasai oleh tergugat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perbuatan Melanggar Hukum; Penguasaan tanah tanpa hak atas tanah; KUH Perdata
Subjects: Law > Conflict of Law
Private Law > Commercial Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Yubians Fauzi
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:24
Last Modified: 27 Jun 2024 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89167

Actions (login required)

View Item View Item