Implementasi fungsi Controlling program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kemakmuran masjid: Studi deskriptif di masjid Al-Muhajirin Ciparay, Kabupaten Bandung

Batubara, Mustofa Awaluddin (2023) Implementasi fungsi Controlling program kegiatan keagamaan dalam meningkatkan kemakmuran masjid: Studi deskriptif di masjid Al-Muhajirin Ciparay, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemakmuran masjid yaitu sebagai upaya menghidupkan peran dan fungsi masjid. Salah satu indikator kemakmuran masjid adalah antusias dan tanggapan dari banyak jamaah yang mengikuti aktivitas keagamaan sehingga masjid tidak pasif akan kegiatan. Maka DKM Al-Muhajirin menyadari untuk melakukan penelitian cara pengurus menerapkan manajemen masjid pada aspek bidang controlling dalam memakmurkan masjid dengan mengoptimalkan potensi peran dan fungsi masjid dari segi kegiatan keagamaan masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan pengawasan pada program kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus masjid Al-Muhajirin, jenis-jenis pengawasan pada program kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus masjid Al-Muhajirin, dan teknik-teknik pengawasan pada program kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus masjid Al-Muhajirin dalam meningkatkan kemakmuran masjid. Penelitian ini berdasarkan teori Handoko, Saefullah, dan Coulter mengenai controlling mulai dari tahapan-tahapan, yaitu penetapan standar dan metode penilaian kinerja, penilaian kinerja, membandingkan kinerja dengan standar, dan tindakan koreksi. Jenis-jenis pengawasan terdiri dari feed controlling, concurrent controlling dan feedback controlling. Dan teknik-teknik controlling yaitu pengamatan, inspeksi teratur dan langsung, pelaporan lisan dan tulisan, hingga diskusi antara manager dan bawahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian controlling yang dilakukan DKM Al-Muhajirin mulai dari tahapan, penetapan standar dilakukan dengan musyawarah seluruh pengurus masjid dan mengacu pada visi misi masjid, penilaian kinerja dengan mengamati kinerja para pengurus masjid secara langsung serta membandingkan antara kinerja pengurus masjid dengan standar yang telah ditetapkan. Tindakan koreksi dilakukan bersamaan dengan rapat evaluasi. Mengenai jenis pengawasan, seluruh pengurus berada di lapangan dan ikut mengawasi baik sebelum kegiatan dimulai, selama kegiatan berlangsung, ataupun setelah kegiatan selesai (evaluasi). Untuk teknik yang dilakukan yaitu pengamatan langsung ke lapangan, point pentingnya adalah kehadiran dan komunikasi antar pengurus di setiap kegiatan. Kecuali untuk hal keuangan harus disampaikan secara tertulis. Mengenai evaluasi, biasanya dilakukan langsung setelah acara. Maka dalam hal ini implementasi fungsi controlling yang dilakukan DKM Al-Muhajirin tersebut dapat meningkatkan kemakmuran masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: fungsi controlling; program kegiatan; kemakmuran masjid
Subjects: Religious Mythology > Religions and Secular Disciplines
Islam
Islam > Mosques
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Organizations
General Management > Internal Organizations
Organization an Management of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mustofa Awaluddin Batubara
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:56
Last Modified: 25 Jun 2024 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89190

Actions (login required)

View Item View Item