Maslani, Maslani and Juwita, Sri (2023) Konsep Pendidik Tinjauan Hadist dan Aktualisiasinya dalam Pendidikan. Paedagogie, 4 (1). 01-21. ISSN 2337-6848
|
Text
2023 Sinta 4_Konsep Pendidik Tinjauan Hadist dan Aktualisiasinya dalam Pendidikan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Turnitin_2023 Sinta 4_Konsep Pendidik Tinjauan Hadist dan Aktualisiasinya dalam Pendidikan.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Abstraks Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pandangan teks-teks hadist mengenai konsep pendidik sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw dan mengaktualisasikannya dalam pendidikan. Adanya sebagian individu yang hanya mementingkan aspek materialistic seolah menunjukan keserakahan membuat dunia pendidikan mulai bergeser dan tidak hakiki, hal tersebut tidak terlepas pula dari figure pendidik. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya menelaah teks-teks hadis sebagai cara untuk mengenal Nabi Muhammad Saw sehingga dijadikan role model oleh para pendidik saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi pustaka. Pendekatan yang digunakan yaitu content analisis dengan cara menelaah isi. Hasil penelitian menujukan bahwa teks-teks hadis mengisyaratkan konsep pendidik meliputi kedudukan, tugas, karakteristik pendidik dan menjadi gambaran aktualisasi konsep pendidik masa kini. Hadis-hadis Nabi Muhammad Saw memuat konsep pendidik yang ideal dalam islam dan berkesinambungan dengan konsep pendidik dalam teori modern. Konsep pendidik dalam hadis nabi relevan untuk diaktulisasikan dalam pendidikan. Kata Kunci : Konsep, Pendidik, Hadis, Pendidikan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep, Pendidik, Hadis, Pendidikan |
Subjects: | Islam > Hadith Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maslani Maslani |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 05:57 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 05:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89208 |
Actions (login required)
View Item |