Hadits Sebagai Sumber Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan Islam Kontemporer

Maslani, Maslani and Ulpah, Ghina and Permana, Gilang Sukma and Mustofa, Syfa Fauzia and Julhamdani, Feri and Saefulloh, Yusuf (2023) Hadits Sebagai Sumber Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 18 (2). ISSN 1686-1387

[img]
Preview
Text
2023 Sinta 6_HADITS SEBAGAI SUMBER PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin_2024 Scopus_Enhancing Student Learning Outcomes in The Qur'an Interpretation Course Through The Implementation of The Start From Reading (SFR) Cooperative Learning Model.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.p...

Abstract

Hadits merupakan salah satu sumber utama dalam pembentukan karakter dalam pendidikan Islam kontemporer. Pendidikan Islam kontemporer berusaha memadukan nilai-nilai Islam dengan realitas kehidupan modern. Dalam hal ini, hadits memiliki peran yang penting sebagai sumber inspirasi dan panduan bagi individu Muslim dalam membentuk karakter mereka. Hadits memberikan landasan moral yang kokoh dan mempromosikan nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, dan ketaatan terhadap Allah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, data primer dan sekunder didapatkan dari naskah-naskah penelitian yang sudah terpublikasi di jurnal nasional dan internasional dengan kredibilitias tinggi sinta 2 sampai 5 dan jurnal yang terindex Scopus, yang pembahasannya tentang hadits sebagai sumber pembentukan karakter dalam pendidikan islam kontemporer. Analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa metode, pertama mengumpulkan data-data yang diperoleh dari hasil studi kepustakaan, setalah itu data dikelompokkan sesuai dengan jenisnya, kemudian menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, yang diakhiri dengan menarik kesimpulan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam konteks pendidikan Islam kontemporer, penggunaan hadits sebagai sumber pembentukan karakter merupakan langkah yang tepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa interpretasi dan pemahaman hadits juga perlu dilakukan dengan hatihati untuk memastikan bahwa nilai-nilai yang diterapkan sesuai dengan konteks zaman sekarang. Oleh karena itu, guru dan pendidik perlu memainkan peran yang penting dalam membimbing siswa dalam memahami dan menerapkan hadits dalam kehidupan mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hadits, Karakter, Pendidikan Islam Kontemporer.
Subjects: Islam > Hadith
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maslani Maslani
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:56
Last Modified: 25 Jun 2024 05:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89209

Actions (login required)

View Item View Item