Implementasi kurikulum berbasis fitrah perspektif hadits untuk mengembangkan sikap keberagaman siswa Madrasah Ibtidaiyyah

Kurniasih, Siti Rohmah and Dirgantini, Siti Rochmah and Maslani, Maslani (2024) Implementasi kurikulum berbasis fitrah perspektif hadits untuk mengembangkan sikap keberagaman siswa Madrasah Ibtidaiyyah. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5 (2). pp. 199-222. ISSN 2654-5845

[img]
Preview
Text
2024 Sinta 5_Implementasi kurikulum berbasis fitrah.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin_2024 Sinta 5_Implementasi kurikulum berbasis fitrah perspektif hadits untuk mengembangkan sikap keberagaman siswa Madrasah Ibtidaiyyah.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: DOI: 10.32832/idarah.v5i2.16552

Abstract

Lembaga pendidikan sebagai salah satu unsur penting yang memiliki peran sentral dalam mengembangkan sikap keberagamaan peserta didik, oleh karena itu lembaga diharapkan mampu merancang kurikulum yang tepat sehingga mampu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik, termasuk potensi keberagamaan atau religiusitas, salah satunya yaitu dengan mengimplementasikan kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah dan efektivitasnya terhadap perkembangan sikap keberagamaan peserta didik, serta mengidentifikasi berbagai hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan terkait implementasi kurikulum berbasis fitrah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan 15 orang tua peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Tarbiyyah Anak Madani. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, studi dokumentasi, dan artikel jurnal yang relevan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket atau kuesioner, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa implementasi kurikulum berbasis fitrah dilaksanakan melalui empat prinsip pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis nilai-nilai agama, pembelajaran berbasis literasi, pembelajaran berbasis karakter, dan pembelajaran berbasis keterampilan hidup atau life skill. Melalui penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi inovasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan sikap keberagamaan peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Fitrah; Sikap Keberagamaan; Madrasah Ibtidaiyyah
Subjects: Elementary Education
Curricula
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maslani Maslani
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:00
Last Modified: 25 Jun 2024 06:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89211

Actions (login required)

View Item View Item