Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Nurdiyanto, Nurdiyanto and Wulandari, Reksahati and Jamal, Jamal and Karman, Karman and Maslani, Maslani (2024) Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9 (3). ISSN 2527-5712

[img]
Preview
Text
2024 Sinta 3_Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin_2024 Sinta 3_Pengembangan Bahan Ajar Non Cetak pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/

Abstract

Abstrak: Sumber belajar bagi peserta didik dan pendidik perlu dikembangkan sesuai dengan perubahan zaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bahan ajar non cetak yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam. Serta bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan bahan ajar non cetak di dalam pembelajaran PAI. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi Pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini memuat dua sumber yakni primer dan sekunder. Primer meliputi: artikel jurnal, E-Book, website, dan media internet lainnya. Sedangkan sekunder meliputi: proseding online, majalah, koran dan media internet yang berkaitan dengan tema dan pembahasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni mengumpulkan dari sumbersumber yang telah disebutkan kemudian diklasifikasi dan selanjutnya ditarik kesimpulan. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yakni mengnitegrasikan pengetahuan secara umum ditarik kekhusus (induktif). yakni dari hasil pengumpulan melalui sumber primer dan sekunder kemudian diklasifikasi data, menampilkan data, kemudian diinterpretasikan hingga menghasilkan pengetahaun untuk ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data pengembangan bahan ajar non cetak sangat diperlukan kemudian di desain dan dikembangkan serta diimplementasikan ke dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam sehingga hasilnya bisa dievaluasi dari rangkaian proses pengembangan tersebut. Kesimpulan dalam penelitian bahwa ada berbagai jenis bahan ajar non cetak seperti audio visual, audio, multimedia interaktif dan media pajangan (display).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Non Cetak.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maslani Maslani
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:59
Last Modified: 25 Jun 2024 05:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89213

Actions (login required)

View Item View Item