Bai’ al-wafa dalam hukum ekonomi syariah di Indonesia : Studi tentang bai’ al-wafa> dan implementasinya pada Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia

Mutaqin, Dadang Zaenal (2023) Bai’ al-wafa dalam hukum ekonomi syariah di Indonesia : Studi tentang bai’ al-wafa> dan implementasinya pada Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. cover.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. bab i.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Text (BAB III)
6. bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
7. bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8. bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)

Abstract

Para ulama berbeda pendapat tentang bai’ al-wafa>’, lembaga keungan syariah sudah menerapkan bai’ al-wafa> meskipun belum ada fatwa DSN MUI yang mengatur langsung. Regulasi yang banyak dirujuk adalah KHES. Perdebatan akademik ini menghasilkan penerapan yang berbeda. Bagi yang mengharamkan, akad ini tidak dilakukan, dan lebih memilih gadai. Bagi yang membolehkan, ia memberlakukan bai’ al-wafa> . Penelitian bertujuan untuk :1) menganalisis istinba>t} ulama dalam ragam pendapatnya mengenai bai’ al-wafa>, 2) menganalisis mekanisme bai’ al-wafa> dalam kaitan antara pendapat ulama dengan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, 3) merumuskan implikasi bai’ al-wafa> di Indonesia dalam konteks Lembaga Keuangan Syariah, dan 4) menganalisis Prosfek Pengembangan Bai’ al-Wafa> pada Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia. Kerangka pemikiran penelitian terdiri atas Grand theory adalah kepastian hukum. Middle theory adalah kemaslahatan. Applied theory adalah pelaksanaan akad muamalah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris dengan metode penelitian deskriptif analitis. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama, tidak bolehnya bai’ al-wafa>’ merupakan pandangan mayoritas, dari Mazhab Maliki, Syafi'i, Hanbali, dan sebagian Hanafi. Mereka menetapkan hukum dengan metode Baya>ni yaitu penjelasan yang merujuk pada pendekatan teks beberapa hadis bahwa bai’ al-wafa> termasuk jual beli dan pinjaman, atau pinjaman yang mendatangkan keuntungan, riba, dan jual beli bersyarat. Adapun ulama Hanafiyah yang beristinbath hukum dengan metode ‘urfi dan istihsa>n yang memandang jual beli ini sudah menjadi hal yang lumrah dan banyak dipraktikkan (‘urf) karena transaksi tersebut memiliki kemaslahatan agar terhindar dari riba. Kedua, istilah bai al-wafa> disebutkan secara eksplisit dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) melalui PMA No. 2 Tahun 2008, dalam pasal 112-115. Sehingga menjadi kekuatan dan payung hukum pelaksanaan bai’ al-wafa>’ bagi bangsa Indonesia. KHES membolehkan bai’ al- wafa>’ mirip dengan pendapat Hanafiyah. Transaksi ini dijalankan sesuai prosedur. BMT tidak menjual barang kepada selain anggota ketika nasabah tertentu menjualnya kepada pihak BMT. Hal ini menyiratkan transaksi bai’ al-wafa> di BMT ini menggunakan prinsip muamalah mazhab Hanafi. Ketiga, praktik bai’ al- wafa> pada BMT yang diteliti menghasilkan tambahan keuntungan bagi BMT dan nasabah. Keuntungan ini menunjukkan bahwa praktik transaksi berdampak positif pada kesehatan Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Keempat, transaksi ini dapat berkembang dalam lembaga keuangan syariah karena relevan dengan solusi keuangan yang etis dan sesuai dengan syariah.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: ulama; ekonomi syariáh; lembaga keuangan
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Administration of Economy
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Dadang Zaenal Mutaqin
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:52
Last Modified: 25 Jun 2024 07:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89219

Actions (login required)

View Item View Item