Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap perolehan gift diamond dalam live streaming pada aplikasi Tiktok: Studi pada akun Tiktok @idupnyasukagabut

Amalia, Revina Yuni (2024) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap perolehan gift diamond dalam live streaming pada aplikasi Tiktok: Studi pada akun Tiktok @idupnyasukagabut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak (1).pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1 (1).pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab2 (1).pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_Bab3 (1).pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_Bab4 (1).pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_Daftar Pustaka (1).pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Media sosial yang sekarang marak di gandrungi masyarakat yaitu salah satunya aplikasi TikTok. TikTok menambah fitur live streaming, dari sekian banyaknya pelaku live streaming di TikTok salah satunya adalah konten kreator dengan akun bernama @idupnyasukagabut. Kreator menjadikan live streaming sebagai kebiasaan untuk menghasilkan uang dengan mengatas namakan gift/hadiah. Keadaan objek pertukarannya secara khusus perlu dikaji hukum syariahnya, karena objek pertukaran dari diamond menjadi uang pada aplikasi TikTok yang dihasilkan dari live streaming tersebut hanya muncul pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perolehan gift diamond dalam live streaming pada aplikasi TikTok di akun @idupnyasukagabut dan untuk memahami tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap perolehan gift diamond dalam live streaming pada aplikasi TikTok di akun @idupnyasukagabut. Akad adalah perbuatan yang disengaja dibuat oleh dua orang atau lebih, berdasarkan persetujuan masing-masing. Akad ju’ᾱlah adalah suatu akad perjanjian untuk memberikan imbalan atau bayaran kepada seseorang atas pekerjaan tertentu atau pencapaian hasil yang ditentukan. Gift diamond merupakan barang virtual yang bisa di kirimkan kepada kreator sebagai bentuk apresiasi imbalan reward/penghargaan atas pencapaian yang telah dilakukan oleh kreator pada live streaming di Aplikasi TikTok karena telah terpenuhinya kenginan penonton yang telah dilakukan oleh kreator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian yang lebih menekankan analisa atau deskriptif, dengan menggambarkan karakteristik atau fenomena yang diteliti. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Perolehan Gift Diamond Dalam Live Streaming Pada Aplikasi Tiktok adalah akad ju’ᾱlah dapat memenuhi syarat pada perolehan tersebut dan perolehan uang dari gift diamond tersebut adalah halal, karena telah terpenuhinya rukun dan syarat ju’ᾱlah, pekerjaan yang dilakukanpun membawa kepada kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TikTok; Live Streaming; Gift
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Audiences
Financial Economics, Finance > Money
Communications Telemunications > Telephon
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Revina Yuni Amalia
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:16
Last Modified: 26 Jun 2024 04:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89237

Actions (login required)

View Item View Item