Respon siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua hubungannya dengan disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cileunyi Kabupaten Bandung

Halimatusyadiah, Hilma Siti (2024) Respon siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua hubungannya dengan disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Pola asuh demokratis menjadi model pengasuhan yang ideal untuk diterapkan di keluarga. Namun, ditemukan sebagian dari siswa dengan orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis, tercatat kurang baik dalam disiplin belajar mereka. Sehingga, muncul persoalan apakah terdapat hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Respon siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua di kelas VIII SMP Negeri 5 Cileunyi Kabupaten Bandung 2) Disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cileunyi Kabupaten Bandung 3) Respon siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua hubungannya dengan disiplin belajar PAI kelas VIII SMP Negeri 5 Cileunyi Kabupaten Bandung. Disiplin belajar pada siswa dapat dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan orang tua. Pola asuh yang mampu membangun dan mengembangkan karakter disiplin belajar pada siswa adalah pola asuh demokratis. Semakin baik respon siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua, maka semakin baik disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti mereka. Maka dalam hal ini, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara respon siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua dengan disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memfokuskan terhadap pengujian teori dengan mengukur variabel penelitian menggunakan angka-angka serta data yang dianalisis menggunakan metode statistik. Angket, observasi, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi yang menjadi alat untuk pengumpulan data. Deskriptif variabel X dan Y, uji normalitas, uji validitas, uji korelasi, dan uji hipotesis yang dijadikan teknik analisis data. Kesimpulan hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Respon Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Cileunyi terhadap pola asuh demokratis orang tua, menunjukkan keseluruhan jawaban 34 sampel pada variabel X sebesar 95% dengan skala interval 4,77 yaitu sangat positif. 2) Disiplin Belajar PAI dan Budi Pekerti, menunjukkan keseluruhan jawaban 34 sampel pada variabel Y sebesar 94% dengan skala interval = 4,69 yaitu sangat positif. 3) Terdapat hubungan positif yang kuat antara respon siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua dengan disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cileunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis orang tua; disiplin belajar PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilma Siti Halimatusyadiah
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:57
Last Modified: 26 Jun 2024 09:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89274

Actions (login required)

View Item View Item