Azhari, Tubagus Azmi (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis MIT app Inventor untuk meningkatkan hasil belajar Kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran berbasis MIT App Inventor merupakan media yang digunakan dalam pembelajaran untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran juga untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor;2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning; 3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah belajar menggunakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE dengan sampel penelitian terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data mencakup perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar observasi, nilai N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian diperoleh 1) kelayakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor 90,5% dengan kriteria sangat layak; 2) keterlaksanaan pembelajaran dengan masing-masing pertemuan memiliki presentasi 88%, 85%, dan 90% dengan kriteria sangat baik; 3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didikdengan nilai N-Gain 0,79 dengan interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini media pembelajaran berbasis MIT App Inventor ini dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didikpada materi usaha dan energi. Beberapa saran yang dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya yaitu menggunakan pembelajaran lain dengan menggunakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor dan lebih melatih peserta didikdalam meningkatkan indikator HOTS (High Order Thinking Skill).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; MIT App Inventor; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Physics > Research and Statistical Methods of Physics Physics > Theories and Mathematical Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tubagus Azmi Azhari |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 07:21 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 07:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89279 |
Actions (login required)
View Item |