Pengembangan media pembelajaran berbasis MIT app Inventor untuk meningkatkan hasil belajar Kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi

Azhari, Tubagus Azmi (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis MIT app Inventor untuk meningkatkan hasil belajar Kognitif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berbasis MIT App Inventor merupakan media yang digunakan dalam pembelajaran untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran juga untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor;2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning; 3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah belajar menggunakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE dengan sampel penelitian terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data mencakup perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar observasi, nilai N-Gain, dan uji t. Hasil penelitian diperoleh 1) kelayakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor 90,5% dengan kriteria sangat layak; 2) keterlaksanaan pembelajaran dengan masing-masing pertemuan memiliki presentasi 88%, 85%, dan 90% dengan kriteria sangat baik; 3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didikdengan nilai N-Gain 0,79 dengan interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini media pembelajaran berbasis MIT App Inventor ini dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didikpada materi usaha dan energi. Beberapa saran yang dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya yaitu menggunakan pembelajaran lain dengan menggunakan media pembelajaran berbasis MIT App Inventor dan lebih melatih peserta didikdalam meningkatkan indikator HOTS (High Order Thinking Skill).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; MIT App Inventor; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Tubagus Azmi Azhari
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:21
Last Modified: 28 Jun 2024 07:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89279

Actions (login required)

View Item View Item