Pengaruh pengendalian internal dan Good Corporate Governance terhadap pencegahan Fraud pada PT Bank Jabar Banten Syari'ah

Hilmi, Silvi Fadilatul (2024) Pengaruh pengendalian internal dan Good Corporate Governance terhadap pencegahan Fraud pada PT Bank Jabar Banten Syari'ah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Fraud merupakan tindakan tidak etis yang memberikan dampak negatif bagi perusahaan karena menimbulkan kerugian. Tindakan fraud pada sektor perbankan masih cukup tinggi ditandai dengan terjadinya beberapa kasus fraud pada bank- bank besar di indonesia. Kecurangan tidak hanya terjadi pada bank konvensional namun juga terjadi pada bank syari’ah, hal ini memberi gambaran bahwa unsur syari’ah tidak memberi jaminan tidak terjadinya kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal dan Good Corporate Governance terhadap pencegahan fraud pada PT Bank Jabar Banten Syari’ah dan mengetahui implementasi sistem pengendalian internal beserta tata kelola bank yang mencakup pengawasan yang memadai, independensi, akuntabilitas, serta akurasi. Fraud dapat diminimalisir dengan tindakan pencegahan yaitu dengan menerapkan pengendalian internal, yang memiliki fungsi mencegah kesempatan pendorong dilakukanya kecurangan dan good corporate governance yang menjadi acuan tata kelola perusahaan. Sistem pengendalian internal dan tata kelola yang baik akan menghasilkan tingkat kecurangan yang rendah karena pengawasan dan prosedur yang dilaksanakan akan mudah mendeteksi dan mengidentifikasi kecurangan. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pusat PT Bank Jabar Banten Syari’ah yang berada di Kota bandung dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner pada 40 responden dari tiga divisi di bawah naungan direktur kepatuhan meliputi divisi audit internal, divisi sumber daya insani, dan divisi manajemen risiko, dengan teknik pengumpulan sampel total sampling yang diolah dengan bantuan software SPSS Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengendalian internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan fraud, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,645 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,303 dan nilai signifikansi 0,001 yang kurang dari 0,05. Variabel Good Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan fraud yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,767 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,303 dan nilai signifikansi sebesar 0,009 yang kurang dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin baik pengendalian internal dan Good Corporate Governance pada suatu perusahaan maka semakin tinggi pula pencegahan fraud.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal; Good Corporate Governance: Pencegahan Fraud
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: silvi fadilatul hilmi
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:58
Last Modified: 28 Jun 2024 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89346

Actions (login required)

View Item View Item