Pengaruh minat masyarakat, transparansi dan Platform digital terhadap kewajiban ZISWAF di Jawa Barat

Setiawan, Iwan (2023) Pengaruh minat masyarakat, transparansi dan Platform digital terhadap kewajiban ZISWAF di Jawa Barat. EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan), 7 (2). pp. 253-269. ISSN 2654-8526

[img]
Preview
Text (ARTIKEL)
9. Iwan S_Pengaruh Minat Masyarakat.....pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (TURNITIN)
9. Turnitin_Pengaruh Minat Masyarakat......pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/E...

Abstract

INDONESIA: Zakat, infak dan sedekah merupakan suatu ibadah yang tidak hanya bersifat vertikal atau bentuk ketaatan kepada Allah SWT saja, akan tetapi juga merupakan bentuk ibadah yang bersifat horizontal atau hubungan sosial kemanusiaan. Realisasi penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah masih jauh jika dibandingkan dengan potensi dana zakat, infak dan sedekah di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara minat masyarakat, transparansi dan platform digital terhadap kewajiban zakat, infak dan sedekah di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif verifikatif dengan menggunakan minat masyarakat, transparansi dan platform digital sebagai variabel penelitial. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 125 orang yang diperoleh dengan teknik non probability sampling berupa accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi pendukung yaitu SPSS for Windows versi 26.0. hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Minat Masyarakat terhadap Kewajiban Zakat, Infak Dan Sedekah dengan nilai t hitung > t tabel (9,404 > 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Transparansi Pengelolaan Lembaga Amil Zakat terhadap Kewajiban Zakat, Infak Dan Sedekah dengan nilai thitung > tabel (9,253 > 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Platform Digital terhadap Kewajiban Zakat, Infak Dan Sedekah dengan nilai thitung > ttabel (11,312 > 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan secara simultan minat masyarakat, transparansi dan platform digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kewajiban membayar Zakat, Infak dan sedekah. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 70,071 > 2,68, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat Masyarakat, Transparansi Pengelolaan Lembaga Amil Zakat dan Platform Digital terhadap Kewajiban Membayar Zakat, Infak dan Sedekah. Selanjutnya nilai R square atau Koefisien Determinasi memiliki nilai 0,626 yang artinya terdapat hubungan antara hubungan Minat Masyarakat, Transparansi dan Penggunaan Platform Digital Terhadap Kewajiban Membayar Zakat, Infak dan Sedekah sebagai variabel dependen sebesar 62,6% sedangkan 37,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. ENGLISH: Zakat, infaq and alms are a form of worship that is not only vertical or a form of obedience to Allah SWT, but also a form of worship that is horizontal or social humanitarian relations. The realization of the collection of zakat, infaq and sadaqah funds is still far away when compared to the potential of zakat, infaq and sadaqah funds in West Java. This study aims to determine the influence between public interest, transparency and digital platforms on the obligation of zakat, infaq and sadaqah in West Java Province. This study uses a verification descriptive method using public interest, transparency and digital platforms as research variables. The research was conducted with a quantitative approach with 125 respondents obtained by nonprobability sampling technique in the form of accidental sampling. Data analysis was carried out by multiple linear regression analysis using supporting applications, namely SPSS for Windows version 26.0. The results of the study obtained the conclusion that partially there is a positive and significant influence between Public Interest on the Obligation of Zakat, Infaq and Sadaqah with the value of t count> t table (9.404> 1.979) with a significance value of 0.000 smaller than 0.05. Transparency of Management of Amil Zakat Institutions on the Obligation of Zakat, Infaq and Sadaqah with the value of tcount> t table (9,253> 1,979) with a significance value of 0.000 smaller than 0.05. Digital Platform on the Obligation of Zakat, Infaq and Sadaqah with a tcount> ttable value (11.312> 1.979) with a significance value of 0.000 smaller than 0.05. While simultaneously public interest, transparency and digital platforms have a significant influence on the obligation to pay Zakat, Infaq and alms. This is evidenced by Fcount> Ftabel, namely 70.071> 2.68, meaning that there is a significant influence between Public Interest, Transparency of Management of Amil Zakat Institutions and Digital Platforms on the Obligation to Pay Zakat, Infaq and Sadaqah. Furthermore, the Rsquare value or the Coefficient of Determination has a value of 0.626, which means that there is a relationship between the relationship between Public Interest, Transparency and the Use of Digital Platforms on the Obligation to Pay Zakat, Infaq and Sadaqah as the dependent variable of 62.6% while 37.4% is influenced by other variables not examined in this study.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat Masyarakat; Transparansi; Platform Digital dan Kewajiban Membayar Zakat; Infak dan Sedekah
Subjects: Islam
Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Iwan Setiawan
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:32
Last Modified: 28 Jun 2024 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89350

Actions (login required)

View Item View Item