Pengaruh Working Capital Turnover dan Financial Performance terhadap Value perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel intervening: Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 - 2022

Aisah, Siti (2024) Pengaruh Working Capital Turnover dan Financial Performance terhadap Value perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel intervening: Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 - 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan merupakan faktor penting bagi perusahaan, sebagai bentuk penilaian calon investor yang ingin berinvestasi. Perusahaan memiliki tujuan untuk mendapatkan laba yang besar, dalam menjalankan aktifitasnya, perusahaan memerlukan dana yang cukup untuk melakukan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Working Capital Turnover dan Financial Performance Terhadap Value Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2023). Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan terdiri dari Working Capital Turnover dan Financial Performance sedangkan variabel devenden yang digunakan yaitu Value Perusahaan dan ada variabel tambahan yaitu Variabel Intervening dan variabelnya adalah Profitabilitas. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (Kasmir, 2019). Metodologi penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 47 erusahaan, teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu yang ditentukan peneliti, sehingga diperoleh 7 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisis deskriftif, uji regresi data panel, dan pengujian model. Data yang digunakan diperoleh dari laporan keuangan tiap perusahaannya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Working Capital Turnover memiliki pengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai t statistik (t_hitung) sebesar -2.037862 > t_tabel yaitu 1.69389 Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Financial Performance berpengaruh terhadap profitabilitas dengan nilai t_hit 8.819215 > t_(tab ) 1.69389 Artinya H0 ternyata ditolak dan Ha diterima. Working Capital Turnover memiliki pengaruh terhadap Value Perusahaan, nilai t_hit3.409341 > t_(tab ) 1.69552, dimana H0 ternyata ditolak dan Ha diterima. Financial Performance memiliki pengaruh terhadap Value Perusahaan dengan nilai t_hit -1.829961 > t_(tab ) 1.69552, yang berarti variabel dimana H0 ternyata ditolak dan Ha diterima. Profitabilitas berpengaruh terhadap Value perusahaan, dengan nilai t_hit 2.568396 > t_(tab ) 1.69552, yang berarti H0 ternyata ditolak dan Ha diterima. Secara simultan Working Capital Turnover, Financial Performance dan Profitabilitas memiliki pengaruh terhadap Value Perusahaan, dengan nilai F_hit= 7.54728 > F_tab= 1.697 artinya H0 ternyata ditolak dan Ha diterima. Working Capital Turnover berpengaruh terhadap Value Perusahaan melalui Return On Assets sebagai variabe Intervening, dengan Nilai t Hitung (0,93)> t tabel (0,34) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dan terakhir Net Profit Margin berpengaruh terhadap Value Perusahaab melalui Return ON Assets sebagai variabe Intervening, dengan Nilai t Hitung (5,97) > t tabel (0,34) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover; Financial Performance; Profitabilitas dan Value Perusahaan.
Subjects: General Management
General Management > General Publications of Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Siti Aisah iis
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:17
Last Modified: 28 Jun 2024 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89382

Actions (login required)

View Item View Item