Pengaruh Return on Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Fauzi, Moch Ali Ridho (2024) Pengaruh Return on Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price to Book Value (PBV) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Peneitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh Return on Equity dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price to Book Value pada perusahaan sektor petambangan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Debt to Equity Ratio digunakan untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka panjang berdasarkan modal yang dimilikinya Return on Equity digunakan untuk mengevaluasi seberapa efektif sebuah perusahaan menggunakan modal pemegang sahamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Return on Equity secara parsial terhadap Price to Book Value; mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio secara parsial terhadap Price to Book Value mengetahui pengaruh Return on Equity dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Price to Book Value pada perusahaan sektor petambangan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Teori yang menyatakan kerangka pemikiran penelitian ini bahwa Return on Equity berpengaruh positif terhadap Price to Book Value sedangkan Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Price to Book Value. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan didapatkan dari laporan keuangan yang dipublikasi setiap perusahaan PT. Energi Mega Persada. Tbk, PT. Mitra Investindo Tbk, dan PT Elnusa. Tbk. Periode 2013-2022 teknik analisis dat yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), uji linear berganda, analisis uji hipotesis (uji t parsial, uji f simultan), analisis koefisien determinasi, uji korelasi menggunakan SPSS v.26 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Return on Equity berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 42.9% (2) Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Price to Book dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 9.6%(3). Secara simultan Return on Equity dan Debt to Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 42.9% artinya mempunyai proporsi pengaruh sebesar 42.9% sedangkan sisanya sebesar 57,1% dipengaruhi dengan variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return on Equity; Debt to Equity Ratio; dan Price to Book value
Subjects: Econmics
Business > Data Processing and Analysis of Business
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Private Accounting
General Management > Management for Enterprises
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Moch ali Ridho Fauzi
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:35
Last Modified: 01 Jul 2024 04:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89463

Actions (login required)

View Item View Item