Pengaruh laba rugi operasi dan ukuran kantor akuntan publik terhadap audit delay pada perusahaan yang tercatat di IDX-MES BUMN 17 periode 2018-2022

Septiani, Silvia (2024) Pengaruh laba rugi operasi dan ukuran kantor akuntan publik terhadap audit delay pada perusahaan yang tercatat di IDX-MES BUMN 17 periode 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya audit delay, laba rugi operasi serta ukuran kantor akuntan publik (KAP). Namun fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa perusahaan yang mengalami laba cenderung mengalami audit delay yang lebih panjang daripada perusahaan yang mengalami kerugian. Serta perusahaan yang menggunakan KAP Big Four mengalami audit delay lebih panjang daripada perusahaan menggunakan KAP Non Big Four. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh Laba Rugi Operasi secara parsial terhadap Audit Delay 2) pengaruh Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) secara parsial terhadap Audit Delay 3) pengaruh Laba Rugi Operasi dan Ukuran Kantor Akuntan Publik secara simultan terhadap Audit Delay pada perusahaan yang tercatat di IDX-MES BUMN 17 Periode 2018-2022. Laba menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan, sehingga dapat dikatakan berita baik. Perusahaan tidak dapat menunda untuk menyampaikan informasi yang menginformasikan hal ini, sehingga perusahaan yang menghasilkan laba cenderung memperoleh penundaan audit yang lebih pendek dibandingkan dengan perusahaan yang memperoleh kerugian. Besar ukuran KAP diukur dari besarnya revenue yang didapatkan per tahun. KAP big four cenderung lebih cepat dalam menyelesaikan tugas audit dibandingkan dengan non big four dikarenakan reputasi yang harus mereka jaga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan audit pada perusahaan yang tercatat di IDX-MES BUMN 17 Periode 2018-2022. Alat uji statistik yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Proses pengolahan data menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 27 version. Laba Rugi Operasi secara parsial berpengaruh terhadap Audit Delay dengan nilai thitung 3,832 > ttabel 2,018. Ukuran Kantor Akuntan Publik secara parsial tidak berpengaruh dengan nilai thitung -1,605 < ttabel 2,018. Laba Rugi Operasi dan Ukuran Kantor Akuntan Publik secara simultan berpengaruh terhadap Audit Delay dengan nilai Fhitung 7,391 > Ftabel 3,214. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 26,0% sisanya sebesar 74.0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, hubungan antara variabel pada penelitian ini mempunyai tingkat hubungan yang kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Laba Rugi Operasi; Ukuran Kantor Akuntan Publik; Audit Delay
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Silvia Septiani
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:48
Last Modified: 01 Jul 2024 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89471

Actions (login required)

View Item View Item