Pengaruh Non Performing Financing (NFP) & Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Nilai Zakat dengan Return On Assets (ROA) sebagai variabel mediasi: Studi pada Bank Syariah daerah di pulau jawa periode 2013- 2022

Pramudya, Muhammad Andhika (2024) Pengaruh Non Performing Financing (NFP) & Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Nilai Zakat dengan Return On Assets (ROA) sebagai variabel mediasi: Studi pada Bank Syariah daerah di pulau jawa periode 2013- 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya potensi penghimpunan dan penerimaan zakat di pulau Jawa, penerimaan zakat oleh BSD pulau Jawa, dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi berdasarkan potensi dan pengoptimalan penerimaan dana zakat dari sisi kinerja keuangan bank syariah. Faktor yang dapat menentukan kinerja keuangan bak syariah dengan melihat pada rasio profitabilitas yang dicerminkan pada rasio Return On Assets serta rasio keuangan lainnya yang dicerminkan pada rasio Non Performing Financing dan Financing to Deposit Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing, Financing to Deposit Ratio, dan Return On Assets secara parsial terhadap Nilai Zakat, mengetahui pengaruh Non Performing Financing & Financing to Deposit Ratio secara parsial terhadap Return On Assets serta untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing dan Financing to Deposit Ratio dengan dimediasi Return On Assets terhadap Nilai Zakat pada Bank Syariah Daerah di Pulau Jawa tahun 2013 – 2022 dengan didasari agency theory dan shariah enterprise theory. Kerangka berpikir penelitian ini, yaitu Non Performing Financing mempengaruhi nilai zakat dan Return On Assets dengan perubahan yang berhubungan negatif, artinya apabila Non Performing Financing rendah maka nilai pembayaran zakat dan Return On Assets akan naik begitu juga sebaliknya. Kemudian, Financing to Deposit Ratio mempengaruhi nilai zakat dan Return On Assets dengan perubahan yang berhubungan positif, artinya apabila Financing to Deposit Ratio naik maka nilai pembayaran zakat dan Return On Assets akan naik begitu juga sebaliknya. Dan, Return On Assets mampu memediasi pengaruh Non Performing Financing & Financing to Deposit Ratio terhadap nilai zakat dengan perubahan yang berhubungan negatif dan positif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data sekunder time series dan cross section (data panel) yang diambil dari laporan keuangan tiap bank syariah. Analisis data yang digunakan, yaitu Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, dan Analisis Uji Hipotesis menggunakan Regresi Berganda Liniear Hirarki (uji t dan uji mediasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai zakat dan ROA. FDR & ROA berpengaruh positif signifikan terhadap nilai zakat dan FDR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Dan, ROA mampu memediasi pengaruh NPF & FDR terhadap nilai zakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing; Financing to Deposit Ratio; Return On Assets; Nilai Zakat
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Education, Research of Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Andhika Dika Andhika pramudya
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:03
Last Modified: 01 Jul 2024 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89490

Actions (login required)

View Item View Item