Pengaruh Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR) dan Growth Ratio terhadap Debt To Equity Ratio (DER) pada perusahaan sub sektor kesehatan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) periode 2013- 2022

Suparman, Putri Fauziah (2024) Pengaruh Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR) dan Growth Ratio terhadap Debt To Equity Ratio (DER) pada perusahaan sub sektor kesehatan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) periode 2013- 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Perusahaan diharuskan meraih profit maksimum untuk merebut pasar yang semakin tinggi tingkat persaingannya. Untuk meraih profit maksimum tersebut penggunaan hutang menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Penggunaan hutang bertujuan sebagai leverage atau pendongkrak kinerja keuangan perusahaan. Perusahaan akan kesulitan merebut pasar atau melakukan ekspansi usaha jika perusahaan hanya mengandalkan modal atau ekuitas sendiri. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengatahui serta menganalisa pengaruh Return on Asset secara parsial terhadap Debt to Equity Ratio, pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Debt to Equity Ratio, pengaruh Growth Ratio secara parsial terhadap Debt to Equity Ratio, dan pengaruh Return on Asset, Current ratio, dan Growth Ratio secara simultan terhadap Debt to Equity Ratio. Kerangka teori dalam penelitian ini didasarkan pada hambatan yang sering dialami oleh dunia usaha adalah dari masalah pendanaan. Salah satu keputusan penting yang dihadapi oleh manajer bidang keuangan yaitu berkaitan dengan kelangsungan operasi perusahaan adalah keputusan pendanaan. karena keputusan struktur modal adalah keputusan keuangan yang berkaitan dengan komposisi utang, saham preferen, dan saham biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analsis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan keuangan periode 2013-2022. Teknik anilisis yang digunakan meliputi, analisis regesi data panel, penentuan model estimasi, uji asumsi klasik, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f) serta analisis koefisien determinasi. Dengan pengolahan data menggunakan software microsoft excel kemudian analisis statistik menggunakan software EViews 12. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Return on Asset dan Current Ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Debt to Equity Ratio, Growth Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Debt to Equity Ratio, dan Return on Asset, Current ratio, dan Growth Ratio secara simultan berpengaruh terhadap Debt to Equity Ratio. Hasil pengujian koefesiendeterminasi (R2) dengan menggunakan common effect method memiliki nilai sebesar 0.179240. Hal ini menunjukkan bahwa variabilitas dari variabel independen sebesar 71.92% sedangkan sisanya sebesar 28,08% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset; Current Ratio; Growth Ratio; Debt to Equity Ratio
Subjects: Econmics > Capitalism Economics
Financial Economics, Finance > Capital
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Putri Fauziah Suparman
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:32
Last Modified: 01 Jul 2024 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89494

Actions (login required)

View Item View Item