Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Growth terhadap Financial Distress dengan metode Altman Z-Score pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Chandra Asri Petrochemical Tbk periode 2013-2022

Sukmawan, M. Fajar (2024) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Growth terhadap Financial Distress dengan metode Altman Z-Score pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Chandra Asri Petrochemical Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakang oleh ketidaksesuaian data yang ditemukan peneliti di PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk dengan teori yang ada. Data tersebut menunjukan fluktuasi antar variable. Kemudian, adanya kesulitan keuangan yang pernah dialami oleh PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk tahun 1995. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial Terhadap Financial Distress, Pengaruh Earning Growth secara parsial Terhadap Financial Distress, dan Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Growth Terhadap Financial Distress dengan metode Altman Z-Score secara simultan pada PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk periode 2013-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder runtutan waktu (Time Series) yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk. Periode 2013-2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa Debt to Equity Ratio secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Z-Score. Debt to Equity Ratio (DER) tersebut merupakan indikator negatif dari pada Financial Distress. Hasil analisis regresi maka Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Z-Score dan berpengaruh positif terhadap Financial Distress, dapat diambil kesimpulan bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh positif terhadap Financial Distress. Earning Growth secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Z-Score. Earning Growth tersebut merupakan indikator positif dari pada Financial Distress. Hasil analisis regresi maka Earning Growth berpengaruh negatif terhadap Z-Score dan berpengaruh positif terhadap Financial Distress. Dapat diambil kesimpulan bahwa Earning Growth berpengaruh positif terhadap Financial Distress. Debt to Equity Ratio dan Earning Growth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. Dengan Fhitung 17.795 dan koefisien determinasi 83.6%, dengan sisanya 16,4% merupakan presentase dari faktor lainnya yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Earning Growth; Financial Distress
Subjects: Public Finance > Public Finance of Indonesia
Accounting > Elementary Level of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Education, Research of Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: M Fajar Sukmawan
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:25
Last Modified: 03 Jul 2024 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89495

Actions (login required)

View Item View Item