Pengaruh Pendapatan Premi dan Risk Based Capital terhadap Return On Asset pada perusahaan asuransi jiwa unit syariah yang terdaftar pada AASI: Studi di PT. Manulife Indonesia Unit Syariah, PT. AXA Mandiri Financial Service Unit Syariah, PT. Prudential Life Assurance Unit Syariah Dan PT. BNI Life Inssurance Unit Syariah. Periode 2018-2022)

Zahrah, Najwa (2024) Pengaruh Pendapatan Premi dan Risk Based Capital terhadap Return On Asset pada perusahaan asuransi jiwa unit syariah yang terdaftar pada AASI: Studi di PT. Manulife Indonesia Unit Syariah, PT. AXA Mandiri Financial Service Unit Syariah, PT. Prudential Life Assurance Unit Syariah Dan PT. BNI Life Inssurance Unit Syariah. Periode 2018-2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (5).pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnyaasuransi, survei pada Agustus-September 2020 menunjukkan bahwa 78,7% dari 629 responden menganggap penting memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Data terbaru dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia mengonfirmasi bahwa jumlah tertanggung mencapai 94,18 juta orang. Penulis telah membandingkan dan menganalisis beberapa perusahaan asuransi syariah dan menemukan banyak ketidaksesuaian dengan teori hubungan pendapatan premi dan Risk Based Capital. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Premi dan Risk Based Capital terhadap Return On Assetss secara parsial dan simultan pada PT. Manulife Indonesia unit syariah, PT. AXA Mandiri Financial Service unit syariah, PT. Prudential Life Assurance unit syariah dan PT. BNI Life Inssurance unit syariah. Periode 2018-2022. Pendapatan premi dan Risk-Based Capital merupakan faktor penting yang mempengaruhi Return on Asset perusahaan asuransi. Pendapatan premi yang tinggi meningkatkan aliran kas dan laba operasional, sementara Risk-Based Capital yang baik memastikan perusahaan memiliki modal cukup untuk menanggung risiko klaim dan investasi. Kombinasi keduanya meningkatkan profitabilitas dan kepercayaan investor, sehingga berkontribusi pada peningkatan Return on Asset. Metode dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan tahun 2018-2022. Analisis data yang digunakan yakni uji deskriptif, uji asumsi klasik, analisis asosiatif, dan analisis hipotesis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS For windows Versi 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pendapatan premi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Assetss dengan nilai koefisien determinasi sebesar 66,2%; 2) Risk Based Capital secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Liabilitas dengan nilai koefisien determinasi sebesar 21,8%; 3) Pendapatan Premi dan Risk Based Capital secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Return On Assetss dengan besar koefisien determinasi sebesar 67,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perusahaan Asuransi; Pendapatan Premi; Risk Based Capital; Return On Asset
Subjects: Insurance > Insurance in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: NAJWA ZAHRAH
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:27
Last Modified: 02 Jul 2024 04:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89499

Actions (login required)

View Item View Item