Pengaruh laba akuntansi dan arus kas investasi terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus pada PT. Bumi Serpong Damai Tbk. periode 2013-2022

Apriliani, Nita (2024) Pengaruh laba akuntansi dan arus kas investasi terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus pada PT. Bumi Serpong Damai Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Harga saham merupakan indikator keberhasilan perusahaan, yang dilihat pada transaksi perdagangan saham di pasar modal. Kinerja perusahaan dapat dilihat pada laporan keuangannya, semakin baik kinerja perusahaan maka semakin besar pula ketertarikan investor untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Hal tersebut tidak sesuai dengan fenomena yang terjadi pada PT. Bumi Serpong Damai Tbk, dimana memiliki temuan harga saham menurun tetapi laba dan arus kas investasi meningkat, begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) pengaruh laba akuntansi pada harga saham, 2) pengaruh arus kas investasi pada harga saham, 3) pengaruh laba akuntansi dan arus kas investasi pada harga saham pada perusahaan yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus pada PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Kerangka teori yang dipakai pada penelitian ini merujuk pada teori harga saham yang menyatakan bahwa permintaan saham akan naik dan harga saham akan naik jika laba dan arus kas investasi mengalami peningkatan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh melalui website resmi BEI. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, multikolinieritas, autokerolasi, heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji t serta uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1) Laba Akuntansi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan hasil Uji t dengan nilai t sebesar 2.038 dengan signifikansi 0,049 2) Arus Kas Investasi secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan hasil Uji t dengan nilai t sebesar -0.227 dengan signifikansi 0,087 3) Laba Akuntansi dan Arus Kas Investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan hasil Uji F sebesar 4.319 dengan signifikansi 0.025.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: laba akuntansi; arus kas investasi; harga saham
Subjects: Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nita Apriliani
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:38
Last Modified: 02 Jul 2024 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89504

Actions (login required)

View Item View Item