Pengaruh total arus kas dan laba bersih terhadap harga saham syariah pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016-2023: Studi kasus United Tractors Tbk member of Astra

Nuraisah, Nuraisah (2024) Pengaruh total arus kas dan laba bersih terhadap harga saham syariah pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016-2023: Studi kasus United Tractors Tbk member of Astra. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Harga saham syariah adalah ukuran nilai saham yang mencerminkan kekayaan perusahaan yang menerbitkannya, dan fluktuasi harga saham syariah disebabkan oleh tekanan permintaan dan penawaran di pasar saham syariah. Harga saham syariah dimuat pada pasar modal syariah dengan salah satu index utamanya adalah Jakarta Islamic Index (JII). Salah satu cara yang bisa diambil oleh para investor untuk meyakinkan akan keterlibatan investasi kepada perusahaan adalah dengan melihat informasi pada laporan keuangan perusahaan salah satunya dengan meninjau laporan arus kas dan laporan laba rugi memiliki arah yang sesuai dengan harga saham syariah. Kondisi laporan keuangan perusahaan United Tractors periode 2016-2023 dari data yang didapat tidak memiliki arah yang sesuai, ketika total arus kas dan laba bersih meningkat harga saham menurun dan pada saat total arus kas dan laba bersih menurun harga saham terjadi kenaikan. Sehingga pada penelitian ini penulis tertarik meneliti fenomena tersebut dengan tujuan ingin mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh total arus kas terhadap harga saham syariah, 2) pengaruh laba bersih terhadap harga saham syariah, dan 3) pengaruh total arus kas dan laba bersih terhadap harga saham syariah pada perusahaan United Tractors periode 2016-2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah data yang diperoleh sebanyak 32 data triwulan dari laporan arus kas dan laporan laba rugi United Tractors periode 2016-2023. Teori sinyal yang mengungkapkan bahwa dikeluarkannya informasi laporan keuangan akan menimbulkan reaksi pada pasar modal dengan ditandai perubahan nilai harga saham. Total arus kas adalah jumlah penerimaan dan pengeluaran kas setara kas dari seluruh aktivitas perusahaan yang disajikan pada laporan arus kas pada periode tertentu. Laba bersih adalah laba setelah dikurangi biaya atau beban perusahaan termasuk pajak penghasilan. Hasil yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 1) Total arus kas memiliki hasil nilai signikasi sebesar 0,462 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial total arus kas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham syariah, 2) Laba bersih memiliki hasil nilai signikasi sebesar sebesar 0,029 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial laba bersih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham syariah, dan 3) Total arus kas dan laba bersih memiliki nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa secara simultan total arus kas dan laba bersih berpengaruh signifikan terhadap harga saham syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Arus Kas; Laba Bersih; Harga Saham Syariah
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nuraisah
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:49
Last Modified: 01 Jul 2024 08:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89520

Actions (login required)

View Item View Item