Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT Adaro Energy Indonesia Tbk periode 2013-2022

Dewi, Riska Fitria (2024) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT Adaro Energy Indonesia Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya perbedaan teori dalam data laporan keuangan mengenai pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Dalam hal ini dikarenakan fenomena tidak sesuai dengan teori yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial ataupun simultan dari Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT Adaro Energy Indonesia Tbk Periode 2013-2022. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), artinya apabila Debt to Equity Ratio (DER) naik maka Dividend Payout Ratio (DPR) akan turun, begitu juga sebaliknya. Sedangkan Return on Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), artinya apabila Return on Equity (ROE) meningkat maka Dividend Payout Ratio (DPR) juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian merupakan sumber data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari laporan keuangan PT Adaro Energy Indonesia Tbk periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows Version 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), dibuktikan dengan hasil uji t sebesar (-1,611 < 2,364) dengan nilai signifikansi sebesar 0,151 > 0,05. 2) Return on Equity (ROE) secara parsial berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), dibuktikan dengan hasil uji t (2,430 > 2,364) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. 3) Secara simultan, Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), dibuktikan dengan hasil uji f sebesar 2,809 < 4,74. Dengan hasil koefisien determinasi menunjukkan 44,5% pengaruh dari Debt to Equity Ratio (DER) dan Return on Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), tetapi sisanya 55,5% dipengaruhi akibat variabel lain diluar persamaan regresi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Return on Equity; Dividend Payout Ratio
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Riska Fitria Dewi
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:15
Last Modified: 02 Jul 2024 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89528

Actions (login required)

View Item View Item