Analisis kesiapan penerapan penyajian laporan keuangan berdasarkan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35 pada organisasi keagamaan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) pusat - Cimahi

Kusumawardani, Rintianti (2024) Analisis kesiapan penerapan penyajian laporan keuangan berdasarkan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35 pada organisasi keagamaan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) pusat - Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi di Organisasi Keagamaan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Pusat – Cimahi penghimpunan dana dan penyaluran dana di Organisasi ITMI pada dasarnya telah dilakukan dengan baik seperti acara kegiatan yang dilaksanakan, hanya saja perlu evaluasi untuk pembuatan laporan keuangan yang mana harus lebih rinci. Fokus penelitiannya adalah penyajian laporan keuangan berdasarkan ketentuan IAI (ISAK 35) tentang penyajian laporan keuangan berorientasi non laba. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pencatatan laporan keuangan pada Organisasi Keagamaan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Pusat – Cimahi , untuk mengetahui kesesuaian penerapan ISAK 35 pada Organisasi ITMI, untuk mengetahui kesiapan ISAK 35 pada Organisasi ITMI dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh Organisasi ITMI dalam penyajian laporan keuangan di Organisasi. Kesiapan penyajian laporan keuangan adalah aspek penting dalam akuntansi dan manajemen keuangan. Proses ini melibatkan pengumpulan, pengolahan, dan penyusunan data keuangan yang relevan untuk menghasilkan laporan yang akurat dan tepat waktu. “Tahapan ini termasuk identifikasi dan pengumpulan data keuangan, penyesuaian dan klasifikasi transaksi sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku, serta penyusunan komponen laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas.” ISAK 35 memberikan panduan tentang bagaimana entitas nonlaba dapat menyesuaikan laporan keuangan sesuai dengan komponennya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data utama serta data sekunder, dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara narasumber dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, yaitu penyajian data, reduksi dan pembuatan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa Analisis kesiapan dalam penerapan penyajian laporan keuangan berdasarkan ISAK 35 pada Organisasi Keagamaan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Pusat – Cimahi. Berdasarkan hasil analisis dengan ISAK 35 bahwasanya Organisasi Keagamaan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Pusat – Cimahi belum membuat laporan keuangan yang sesuai dengan ISAK 35 dengan berbagai macam kendala dalam menyajikan laporan keuangan. Faktor pertama kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang ada. Faktor kedua, tidak mengetahui terhadap pengetahuan mengenai ISAK 35 sehingga cukup sulit bagi bendahara Organisasi ITMI untuk menyesuaikannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Entitas Nonlaba; ISAK 35; Kesiapan; Laporan Keuangan
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Rintianti Kusuma Wardani
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:05
Last Modified: 03 Jul 2024 06:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89565

Actions (login required)

View Item View Item