Pengaruh Current Ratio dan Operational Expenses terhadap Earnings After Tax pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Golden Energy Mines Tbk Periode 2013-2022

Srirejeki, Lutfiani Intan (2024) Pengaruh Current Ratio dan Operational Expenses terhadap Earnings After Tax pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Golden Energy Mines Tbk Periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Perusahaan sebagai salah satu pelaku ekonomi yang memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian, merupakan suatu unit kegiatan produksi yang mengelola sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Earnings After Tax pada PT. Golden Energy Mines Tbk. periode 2013-2022, pengaruh Operational Expenses secara parsial terhadap Earnings After Tax pada PT. Golden Energy Mines Tbk. periode 2013-2022, dan pengaruh Current Ratio dan Operational Expenses secara simultan terhadap Earnings After Tax pada PT. Golden Energy Mines Tbk. periode 2013-2022. Menurut kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini, Current Ratio dan Operational Expenses memiliki pengaruh negatif terhadap Earnings After Tax. Dengan demikian, teori yang disimpulkan adalah bahwa jika Current Ratio dan Operational Expenses mengalami kenaikan, maka Earnings After Tax akan mengalami penurunan, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data sekunder yang digunakan berasal dari laporan keuangan PT. Golden Energy Mines Tbk. periode 2013-2022. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif serta analisis signifikansi. Pengelolaan dan perhitungan data menggunakan Software SPSS for Windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio secara parsial berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Earnings After Tax dibuktikan dengan hasil uji t nilai thitung < ttabel yakni -1,113 < 2,306 dengan nilai signifikansi sebesar 0,298 > 0,05. Operational Expenses secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Earnings After Tax dibuktikan dengan hasil uji t nilai thitung > ttabel atau 5,127 > 2,306 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05. Current Ratio dan Operational Expenses secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Earnings After Tax dibuktikan dengan hasil uji f nilai fhitung > ftabel atau 14,526 > 4,74 dengan signifikansinya sebesar 0,003 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Operational Expenses; Earnings After Tax
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Lutfiani Intan Srirejeki
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:35
Last Modified: 02 Jul 2024 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89584

Actions (login required)

View Item View Item