Pengaruh Financing To Deposit Rasio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) dengan Net Operating Margin (NOM) sebagai variabel mediasi pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2022.

Nst, Muhammad Al Amin (2024) Pengaruh Financing To Deposit Rasio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) dengan Net Operating Margin (NOM) sebagai variabel mediasi pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah harus senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat dengan menjaga kinerja keuangannya, yang tergambar dalam laporan keuangan. Salah satu indikator kinerja keuangan adalah ROA, yang menunjukkan tingkat efisiensi bank dalam menghasilkan laba dari aset yang dimiliki. Terdapat fluktuasi dalam nilai ROA bank syariah yang terdaftar di BEI selama periode 2014-2022. FDR mengalami peningkatan sementara ROA justru mengalami penurunan, menandakan adanya ketidakkonsistenan antara teori dengan data empiris. Oleh karena itu, bank syariah memerlukan evaluasi dan pengawasan untuk memastikan laporan keuangannya masih dikategorikan sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh FDR secara parsial terhadap ROA, menganalisis dan mengetahui pengaruh NOM secara parsial terhadap ROA, menganalisis dan mengetahui pengaruh FDR secara terhadap NOM serta untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh FDR terhadap ROA yang dimediasi oleh NOM Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2022. Konsep dan teori penelitian ini menggunakan dua teori utama untuk menganalisis pengaruh Financing to Deposit Ratio dan Net Operating Margin terhadap Return on Asset pada bank syariah, yaitu Agency Theory dan Portofolio Markowitz Theory. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data sekunder time series dan cross section (data panel) yang diambil dari laporan keuangan tiap bank syariah. Analisis data yang digunakan, yaitu Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, dan Analisis Uji Hipotesis menggunakan Regresi Berganda Liniear (uji t dan uji mediasi) dengan software SPSS Versi 26. Kesimpulan dan hasil uji regresi penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial FDR berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. FDR berpengaruh negatif signifikan terhadap NOM. NOM berpengaruh positif signifikan terhadap ROA dan NOM mampu memediasi pengaruh FDR terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio; Net Operating Margin; Return On Asset; Mediasi
Subjects: Public Finance > Public Finance of Indonesia
Accounting > Financial Reporting
General Management > Education, Research of Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Al Amin Nasution
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:15
Last Modified: 04 Jul 2024 07:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89591

Actions (login required)

View Item View Item