Hadis “Misoginis” dalam pandangan mahasiswa: Studi kasus terhadap mahasiswa jurusan Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2023

Mushawir, Al (2024) Hadis “Misoginis” dalam pandangan mahasiswa: Studi kasus terhadap mahasiswa jurusan Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adanya pandangan misoginis dalam beberapa hadis yang dianggap merendahkan perempuan. Hadis-hadis tersebut sering kali memicu peredebatan mengenai kesetaraan gender dalam ajaran Islam. Penelitian ini berfokus pada bagaimana mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung memandang hadis-hadis tersebut, terutama yang mengandung unsur misoginis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan dan penolakan mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap hadis yang dianggap misoginis. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk menilai apakah pandangan mahasiswa tersebut bersifat bias gender atau lebih mengarah pada kesetaraan gender. Dalam penelitian ini di dasarkan pada teori-teori misoginis dan pemahaman hadis. Penelitian ini mengkaji konsep misoginis dalam hadis serta bagaimana mahasiswa memandangnya. Penelitian in menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode studi kasus. Responden penelitian adala 37 mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan G-form. Penelitian ini difokuskan pada tiga tema utama: perempuan sebagai gambaran setan, perempuan sebagai pelayan seks bagi suami, dan perempuan sebagai fitnah terbesar bagi laki-laki. Berdasarkan analisis terhadap tanggapan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengenai tiga tema hadis yang dianggap misoginis, ditemukan bahwa terdapat kecenderungan yang cukup signifikan di kalangan mahasiswa untuk menerima interpretasi yang merendahkan perempuan, dengan sekitar 63.49% responden setuju dengan pandangan misoginis dan 36.73% tidak setuju. Meskipun demikian, dari pernyataan-pernyataan yang telah diidentifikasi, rata-rata jawaban mahasiswa yang mendukung kesetaraan gender adalah sekitar 67.05%, sedangkan yang menunjukkan bias gender adalah sekitar 32.95%. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun masih ada kecenderungan untuk menerima pandangan misoginis, sebagian besar mahasiswa juga memiliki pandangan yang mendukung kesetaraan gender. Hal ini penting untuk pengembangan kurikulum dan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan sensitif terhadap isu-isu gender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gender; Hadis Misoginis; Kesetaraan; Mahasiswa; UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Al Mushawir
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:23
Last Modified: 02 Jul 2024 07:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89603

Actions (login required)

View Item View Item