Pengaruh Operating Cash Flow dan Price Earnings Ratio terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Sayariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Petrosea Tbk periode 2013-2022

Ayuni, Anggi Nur (2024) Pengaruh Operating Cash Flow dan Price Earnings Ratio terhadap Return Saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Sayariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Petrosea Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh ketidaksesuaian data yang ditemukan peneliti di PT. Petrosea, Tbk dengan teori yang mengatakan jika Operating Cash Flow (OCF) dan Price Earnings Ratio (PER) yang dimiliki perusahaan meningkat atau tinggi, maka diikuti dengan meningkatnya Return Saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh Operating Cash Flow secara parsial (individu) terhadap Return Saham (2) menganalisis dan mengetahui pengaruh Price Earnings Ratio secara parsial (individu) terhadap Return Saham (3) menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh Operating Cash Flow dan Price Earnings Ratio secara simultan (bersama-sama) terhadap Return Saham pada PT. Petrosea Tbk Periode 2013-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Operating Cash Flow dan Price Earnings Ratio memiliki pengaruh positif terhadap Return Saham, dimana perusahaan yang memiliki nilai OCF dan PER yang tinggi dapat meningkatkan Return Saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan beberapa alat uji, yakni asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas), menggunakan analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, terakhir pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji F. Adapun pengolahan data yaitu menggunakan SPSS for Windows Versi 26.0. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Operating Cash Flow dan Price Earnings Ratio, variabel dependen adalah Return Saham dimana data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan PT Petrosea, Tbk periode 2013-2022. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan: (1) Operating Cash Flow secara parsial terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yaitu thitung < ttable( -0,923 < 2,306) (2) Price Earnings Ratio secara parsial terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yaitu thitung < tttable (1,622 < 2,306) (3) Operating Cash Flow dan Price Earnings Ratio secara simultan tidak memiliki pengaruh yang signifikan sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: OPERATING CASH FLOW; PRICE EARNINGS RATIO; RETURN SAHAM
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Anggi Nur Ayuni
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:25
Last Modified: 02 Jul 2024 08:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89611

Actions (login required)

View Item View Item