Pengaruh Cash Ratio dan Return On Investment terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi pada PT. Erajaya Swasembada Tbk periode 2013-2022

Adawiyah, Melda (2024) Pengaruh Cash Ratio dan Return On Investment terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi pada PT. Erajaya Swasembada Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya asumsi bahwa investor cenderung lebih tertarik pada perusahaan yang dapat membagikan dividendnya secara konsisten atau bahkan meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu metode yang umum digunakan untuk menilai jumlah dividend yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu melalui Dividend Payout Ratio.Dividend Payout Ratio diduga dipengaruhi oleh rasio likuiditas yang diwakili oleh Cash Ratio dan rasio profitabilitas yang diwakili oleh Return On Investment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari Cash Ratio dan Return On Investment terhadap Dividend Payout Ratio pada PT. Erajaya Swasembada Tbk periode 2013-2022. Untuk menjawab pertanyaan peneliti di atas, maka peneliti menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang didapat dari publikasi laporan keuangan PT. Erajaya Swasembada Tbk. Periode 2013-2022. Metode analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif, dan uji signifikansi. Kerangka berpikir penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Cash Ratio dan Return On Investment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, artinya apabila Cash Ratio dan Return On Investment mengalami kenaikan maka Dividend Payout Ratio juga akan mengalami kenaikan. Pembahasan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Cash Ratio secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,073 dan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 0,945 < 2,024. (2) Return On Investment secara parsial berpengaruh tidak positif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai koefisien regresi sebesar -15,978 dan nilai perbandingan thitung dengan ttabel yaitu -4,351 > 2,024. (3) Cash Ratio dan Return On Investment secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai perbandingan fhitung dan ftabel yaitu 9,473 > 3,252 serta nilai koefisien determinasi sebesar 33,9% dengan persamaan regresi linier berganda yaitu Y= 116,080 + 1,073 (X1) + -15,978 (X2).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Ratio; Return On Investment; Dividend Payout Ratio
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Melda Adawiyah
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:30
Last Modified: 02 Jul 2024 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89622

Actions (login required)

View Item View Item