Pengaruh Return On Equity (ROE) Earning Per Share (EPS) dan struktur modal terhadap harga saham: Penelitian di perusahaan manufaktur subsektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2022

Ariyanti, Desinta (2024) Pengaruh Return On Equity (ROE) Earning Per Share (EPS) dan struktur modal terhadap harga saham: Penelitian di perusahaan manufaktur subsektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy

Abstract

Pergerakan harga saham yang fluktuatif menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh investor untuk mengidentifikasi adanya peluang investasi. Fluktuasi harga saham dapat dipengaruhi oleh kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji apakah terdapat pengaruh dari return on equity (ROE), earning per share (EPS) dan strukur modal terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur subsektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 4 perusahaan manufaktur subsektor rokok yang terdaftar di BEI yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan tahunan publikasi perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan bantuan software eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ROE (X1) dan Struktur Modal (X3) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap harga saham (Y), sedangkan EPS (X2) memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap harga saham (Y) perusahaan manufaktur subsektor rokok yang terdaftar di BEI periode 2013-2022. Hasil secara simultan dapat terlihat dari hasil uji F bahwa nilai Fhitung 20,42712 > Ftabel 2,874187 dengan nilai signifikansi 0,000000 ≤ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari ROE (X1), EPS (X2) dan strukur modal (X3) terhadap harga saham (Y) perusahaan manufaktur subsektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2022. Adapun nilai presentase menggunakan uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai 78,78% yang berada dalam kategori kuat. Dengan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan antar variabel dalam penelitian ini memiliki hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: return on equity (ROE); earning per share (EPS); struktur modal; harga saham
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Desinta Ariyanti
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:16
Last Modified: 02 Jul 2024 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89632

Actions (login required)

View Item View Item