Peran bimbingan rohani Islam terhadap kesejahteraan psikologis penyintas gempa: Studi deskriptif pada masyarakat Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Rohman, Aditya Fatur (2024) Peran bimbingan rohani Islam terhadap kesejahteraan psikologis penyintas gempa: Studi deskriptif pada masyarakat Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Gempa bumi menimpa masyarakat Kabupaten Cianjur pada tanggal 21 November 2022 dengan kekuatan 5,6 Magnitudo. Banyak dampak yang terjadi setelah terjadinya gempa, dengan gempa susulan ratusan kali, tidak heran membuat warga takut ketika adanya getaran disekitarnya, mengalami penurunan rasa percaya diri, bergantungnya hidup dari bantuan orang lain, kehilangan arah tujuan hidup, dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar hingga merasa asing dengan orang lain. Dengan diadakannya kegiatan kerohanian berupa bimbingan rohani islam pada suatu majlis ta’lim yang dilakukan oleh pembimbing rohani diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah terutama pada kesejahteraan psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kesejahteraan psikologis penyintas gempa di RW 16 Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur dan untuk mengetahui peran bimbingan rohani islam terhadap kesejahteraan psikologis penyintas gempa di RW16 Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dapat diperoleh dengan tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum mengikuti bimbingan rohani islam, terdapat masyarakat yang mengalami berbagai permasalahan kesejahteraan psikologis, seperti belum bisa membimbing atau menenangkan orang lain, selalu mempertimbangkan pemikiran dan tindakan tergantung keinginan orang lain, kurang mampu dalam mengatasi masalah yang baru dialami, berhati-hati dalam bertindak, kurang kesadaran tentang apa yang perlu dicapai dalam hidup, tertutup jarang berinteraksi, kurang percaya diri, belum memiliki rencana jangka panjang, dan belum bisa memanfaatkan peluang yang ada di lingkungan sekitar. Dari sepuluh orang subjek penelitian, penyintas gempa tersebut rutin mengikuti kegiatan kerohanian atau bimbingan rohani islam sehingga mereka merasa bahwa kegiatan tersebut sangat berdampak kuat pada dirinya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Bimbingan rohani islam juga sangat berdampak kuat pada kesejahteraan psikologis mereka sehingga dapat merasakan penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi atau kemandirian tanpa bergantung pada orang lain, penguasaan lingkungan, memiliki tujuan hidup yang jelas, dan pertumbuhan pribadi sehingga membentuk pribadi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan rohani islam; kesejahteraan psikologis; penyintas gempa;
Subjects: Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aditya Fatur Rohman
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:50
Last Modified: 02 Jul 2024 08:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89654

Actions (login required)

View Item View Item