Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Net terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk periode 2013-2022

Luthfitriani, Zalfa (2024) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Net terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penyebaran virus corona yang terjadi di Indonesia yang memberikan dampak negatif bagi semua sektor tidak terkecuali sektor perbankan. Dengan adanya penyebaran virus corona ini memberikan resiko tingginya pembiayaan bermasalah karena keadaan ekonomi masyarakat yang sulit. Bank menjadi lembaga intermediasi yang mana salah satu fungsinya adalah menyalurkan dana. Bank perlu memperhatikan kegiatan penyaluran dananya yang dapat dilihat dari rasio Financing to Deposit Ratio. Bank juga perlu berhati-hati dalam memberikan pembiayaan agar resiko pembiayaan bermalasah atau Non Performing Financing tidak terlalu tinggi. Adapun untuk mengetahui kemampuan Bank dalam menghasilkan keuntungan dapat dilihat dari rasio Profotabilitas Return On Assets. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Peforming Financing (NPF) terhadap Return On Assets (ROA) di Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah serta hubungan simultan antara FDR, NPF, dan ROA. Kerangka berpikir penelitian ini adalah FDR berpengaruh terhadap ROA, sedangkan NPF mempunyai hubungan negatif terhadap ROA. Artinya dengan asumsi FDR meningkat maka ROA juga akan meningkat begitu pula sebaliknya. Begitu pula dengan NPF, dengan asumsi NPF membesar maka ROA akan berkurang begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder yang diambil dari laporan keuangan tahunan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah. Analisis data yang digunakan ialah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Uji Asosiatif, dan Analisis Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa FDR memiliki pengaruh signifikan terhadap ROA dan memiliki korelasi negatif, nilai koefisien b dalam regresi sederhana sebesar -0,1704, nilai korelasi sederhana -0,698, nilai R square 48,7% serta nilai -thitung < -ttabel (-2,756 < -2,306) dengan nilai signifikasi 0,025 < 0,05, adapun NPF berpengaruh signifikan terhadap ROA dan memiliki hubungan yang negatif, nilai koefisien b dalam regresi sederhana sebesar -8,92, nilai korelasi sederhana -0,529, nilai R square 28,0% serta nilai -thitung < -ttabel (-2,94 < -2,306) dengan nilai signifikansi 0,016 < 0,05, secara simultan FDR dan NPF berpengaruh signifikan terhadap ROA, nilai koefisien b1- 0,147 dan b2 – 6,392, nilai korelasi berganda 0,789, nilai R square 62,2% serta nilai fhitung dan ftabel yaitu 5,754 > 4,74 dengan nilai signifikansi 0,033 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Non Performing Financing (NPF); Return On Assets (ROA);
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Zalfa Luthfitriani
Date Deposited: 03 Jul 2024 10:18
Last Modified: 03 Jul 2024 10:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89678

Actions (login required)

View Item View Item