Pengaruh Eurrent Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2018-2023

Sihaloho, Indah Putri Ragil (2024) Pengaruh Eurrent Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return on Equity pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2018-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak...pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Return On Equity (ROE) atau Laba yang berasal dari investasi pemegang saham yang diperoleh perusahaan yang merupakan salah satu Gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan. Laba yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diketahui melalui alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR). Analisis keuangan ini dilakukan agar para pengguna informasi keuangan dapat mengetahui baik buruknya keadaaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam periode tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di index saham syariah Indonesia (ISSI) periode 2018 – 2023. Untuk menjawab pertanyaan penelitian dapat menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria yang ditetapkan, jumlah sampe yang diteliti sebanyak 6 tahun. Data yang digunakan adalah data sekudner yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah terpublikasi dalam laman www.idx.co.id . Teknik analisis data yang digunakan antara lain Analisis Deskriptif, Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Parsial, Uji Simultan, Analisis Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE). Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE). Kemudian secara simultan menunjukan bahwa Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Equity
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Indah Putri Ragil Sihaloho
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:29
Last Modified: 04 Jul 2024 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89704

Actions (login required)

View Item View Item