Analisis peran Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan dalam mendorong inklusi keuangan syariah di masyarakat

Aisah, Andini (2024) Analisis peran Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan dalam mendorong inklusi keuangan syariah di masyarakat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat indeks inklusi keuangan syariah yang tidak sejalan dengan perkembangan lembaga dan literasi keuangan syariah di masyarakat. Perkembangan lembaga keuangan syariah seperti Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan yang merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang berfokus pada kalangan menengah ke bawah, seharusnya memberikan peran yang sangat besar dalam mendorong peningkatan inklusi keuangan syariah serta membantu mensejahterakan masyarakat dalam perekonomian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tindakan yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan dalam menyikapi inklusi keuangan syariah. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui secara spesifik terkait peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan dalam mendorong inklusi keuangan syariah dan apa saja yang menjadi kendala atau hambatan dalam penerapan kebijakan maupun fasilitas untuk peningkatan inklusi keuangan syariah di masyarakat. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Nusron Wahid mengenai inklusi keuangan, yang menjelaskan bahwa inklusi keuangan didefinisikan sebagai langkah memberikan akses keuangan yang inklusif kepada semua lapisan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan daftar pertanyaan wawancara serta kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan memiliki peran serta tindakan yang nyata dalam mendorong inklusi keuangan syariah di masyarakat. Tindakan dan peran tersebut meliputi fasilitas dan kebijakan yang diterapkan seperti kemudahan akses atau lokasi, fasilitas yang memadai serta perencanaan program-program yang dapat menjangkau masyarakat secara keseluruhan. Perkembangan dalam mendorong inklusi keuangan syariah ini, tidak menghasilkan kebijakan dan fasilitas saja, juga terdapat kendala-kendala yang harus Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan hadapi. Kendala tersebut seperti ruang lingkup yang kecil, memiliki kebijakan tersendiri, terdapat saingan yakni bank yang memiliki jangkauan yang lebih luas dan adanya nasabah bermasalah yang sangat merugikan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Agam Madani Nagari Pakan Sinayan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Baitul Maal Wat Tamwil; Inklusi Keuangan Syariah
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andini Aisah
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:16
Last Modified: 04 Jul 2024 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89807

Actions (login required)

View Item View Item