Pengaruh Leverage dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada perusahaan Financial Technology yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2022: Studi Kasus pada perusahaan PT Metrodata Electronics Tbk, PT Multipolar Technology Tbk, dan PT SAT Nusapersada Tbk.

Fadhlurrohman, Moh Imam (2024) Pengaruh Leverage dan Likuiditas terhadap Profitabilitas pada perusahaan Financial Technology yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2022: Studi Kasus pada perusahaan PT Metrodata Electronics Tbk, PT Multipolar Technology Tbk, dan PT SAT Nusapersada Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Untitled1.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh leverage dan likuiditas terhadap profitabilitas pada perusahaan Financial Technology yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2022. Leverage diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), sedangkan likuiditas diukur menggunakan Current Ratio (CR). Profitabilitas dianalisis melalui Gross Profit Margin (GPM). Data diambil dari laporan tahunan tiga perusahaan Fintech, yaitu PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), PT Multipolar Technology Tbk (MLPT), dan PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengatahui serta menganalisa pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Gross Profit Margin (GPM) dan memahami serta menganalisa pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Gross Profit Margin (GPM), memahami dan menganalisa pengaruh Debt to Equity Ratio dan Current Ratio secara simultan terhadap Gross Profit Margin (GPM). Teori yang menyatakan kerangka pemikiran penelitian ini bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Gross Profit Margin sedangkan Current Ratio berpengaruh positif terhadap Gross Profit Margin. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan ialah data panel dimana terdapat data Cross Section dan Time series yang didapat dari data keuangan yang dipublish oleh perusahaan Financial Technology periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi data panel ( Uji Chow dan Uji Hausman), analisis koefesien determinasi, analisis uji hipotesis (Uji signifikan parsial/Uji T) dan uji signifikan simultan (Uji F) Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Debt To Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Gross Profit Margin dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 4.86% (2) Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Gross Profit Margin dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 21.38% (3). Secara simultan Debt to Equity Ratio dan Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Gross Profit Margin dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 23,89% artinya mempunyai proporsi pengaruh sebesar 23,89% sedangkan sisanya sebesar 76,11% dipengaruhi dengan variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: leverage; likuiditas; profitabilitas; Fintech; Bursa Efek Indonesia.
Subjects: General Management > Management for Enterprises
General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Financial Management
General Management > Budgeting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: moh imam fadhlurrohman
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:32
Last Modified: 04 Jul 2024 03:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89829

Actions (login required)

View Item View Item