Sunliawati, Elin (2018) Gaya Hidup Belanja Online sebagai Bentuk Perilaku Konsumtif Remaja Masa Kini : Studi Kasus Remaja Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Gaya hidup belanja online semakin umum dilakukan oleh masyarakat khususnya dikalangan remaja. Teknologi internet yang semakin meningkat memberikan banyak perubahan dikalangan masyarakat. Munculnya fasilitas-fasilitas penunjang dalam memenuhi kebutuhan manusia dapat terlihat dengan adanya situs-situs belanja online yang akhirnya membuat gaya hidup dikalangan remaja menjadi lebih konsumtif. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi remaja dalam gaya hidup belanja online, (2) untuk mengetahui Perilaku konsumtif remaja Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung dalam berbelanja online. Gaya hidup dalam perspektif sosiologi ini dibicarakan dalam teori sosial post modern yang tidak bisa dilepaskan dari karya-karya Jean Baudrillard. Baudrillard menyatakan, bergesernya orientasi konsumsi yang semula ditujukan bagi “kebutuhan hidup”, menjadi “gaya hidup”. Konsumsi menurut Baudrillard adalah tindakan sistematis dalam memanipulasi tanda, dan untuk menjadi objek konsumsi, objek harus mengandung atau bahkan menjadi tanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu metode yang menempatkan obyek penelitian sebagai kasus, memandang kasus sebagai fenomena yang kontemporer, dilakukan pada kondisi kehidupan sebenarnya, menggunakan berbagai sumber data, menggunakan teori sebagai acuan penelitian. Data disimpulkan melalui data primer yaitu observasi dan wawancara mendalam pada 20 remaja pengguna online shop di Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung yang gemar berbelanja online dan telah aktif berbelanja selama satu tahun atau lebih, dan rutin berbelanja online minimal sekali dalam satu bulan. Data sekunder yaitu dokumentasi, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup online shop pada remaja Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung yaitu (1) Gaya hidup yang di pengaruh keluarga dan lingkungan pergaulan. (2) Iklan yang ditampilkan di berbagai media seperti media iklan di televisi, sosial media seperti BBM, instagram dan whatsApp ataupun situs penjualan online seperti shopee, lazada, toko pedia dan bukalapak. Perilaku konsumtif remaja Desa Pangauban Kecamatan Katapang dalam berbelanja online memiliki 2 nilai yaitu nilai guna dan nilai tanda. Nilai guna dari remaja yang berbelanja online yaitu Harga barang yang dijual lebih murah dan mengefesienkan waktu untuk berbelnja. Sedangkan nilai tandanya yakni dicirikan dengan remaja yang lebih trendy dari pada remaja yang tidak belanja online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Hidup; Belanja Online; Perilaku Konsumtif; Remaja |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Elin Sunliawati |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 09:37 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 09:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8984 |
Actions (login required)
View Item |