Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan subsektor batubara yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2013-2022

Kurniawati, Nur Asyiam (2024) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan subsektor batubara yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara teori dan data dalam laporan keuangan mengenai pengaruh Net Profit Margin dan Working Capital Turnover terhadap Return on Equity. Dalam hal ini dikarenakan fenomena yang terjadi berbeda dengan teori yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Working Capital Turnover (WCTO) secara parsial maupun simultan terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan subsektor batubara yang tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data sekunder yang digunakan adalah berasal dari laporan keuangan perusahaan subsektor batu bara periode 2013-2022. Teknik analisis data melibatkan analisis deskriptif, regresi data panel menggunakan Fixed Effect Model (FEM), uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan alat analisis yakni software Eviews 12. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi sebesar ∝ = 0,05 (5%), menunjukkan bahwa: 1) Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 91,38%. 2) Working Capital Turnover (WCTO) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 29,42%. 3) Secara simultan, Net Profit Margin (NPM) dan Working Capital Turnover (WCTO) berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE). Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 93,68%, sementara sisanya sebesar 6,32% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dalam perspektif syariah, tidak ditemukannya unsur-unsur yang melanggar prinsip syariah pada perusahaan subsektor batubara. Hal ini dikarenakan, perusahaan telah menunjukkan keterbukaan atau transparansi pelaporan keuangannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Working Capital Turnover; Return on Equity
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nur Asyiam Kurniawati
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:37
Last Modified: 04 Jul 2024 04:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89867

Actions (login required)

View Item View Item