Strategi penanganan tindak kekerasan terhadap anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Sukabumi

Sungkar, Putri Salsabila (2024) Strategi penanganan tindak kekerasan terhadap anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kabupaten Sukabumi yang sampai sekarang masih memiliki masalah kekerasan terhadap anak yang masih menjadi persoalan dengan ditemukannya data korban kekerasan terhadap anak yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Kekerasan terhadap anak bukanlah hal yang harus diremehkan dan memerlukan tindakan yang serius dari masyarakat, lembaga perlindungan anak, dan tentunya dari pemerintah. Kondisi ini memperlihatkan perlunya penanganan tindak kekerasan yang efektif dan terkoordinasi oleh daerah terkait, yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi yang merupakan salah satu lembaga yang mempunyai Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) dalam menangani permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penanganan tindak kekerasan terhadap anak di Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan teori strategi pemerintah yang dikemukakan oleh Geoff Mulgan (2009) yang mempunyai dimensi Tujuan, Lingkungan, Pengarah, Tindakan, dan Pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah dari Miles and Huberman (1984) dalam Sugiyono (2017) yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa DP3A telah merancang dan melaksanakan strategi yang cukup baik dalam menangani masalah kekerasan terhadap anak di Kabupaten Sukabumi. Strategi yang dilakukan oleh DP3A Kabupaten Sukabumi dalam penanganan tindak kekerasan terhadap anak adalah dengan adanya langkah-langkah konkret di mana menetapkan tujuan yang jelas dan terfokus pada pencegahan, perlindungan dan pemulihan korban, menganalisis potensi ancaman eksternal, melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak terkait, monitoring, serta menjadikan kejadian masa lalu sebagai evaluasi dan bahan perbaikan di masa mendatang. Namun, masih ditemukan beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, yaitu luasnya Kabupaten Sukabumi dan masih terbatasnya tenaga-tenaga ahli, sehingga dalam hal penanganan membutuhkan kualitas dan kuantitas SDM yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi; Penanganan; Kekerasan Terhadap Anak
Subjects: Criminal Law > Crimes
Public Administration
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Putri Salsabila Sungkar
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:42
Last Modified: 04 Jul 2024 04:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89872

Actions (login required)

View Item View Item