Sumarna, Umay (2017) Manajemen pembelajaran pendidikan kewarganegaraan: Studi di MTs Al-Furqon Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa di MTs Al - Furqon Cisarua kurangnya kesigapan para guru untuk melaksanakan kegiatan pengadministrasian dalam berbagai hal baik itu administrasi yang bersifat wajib dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti pembuatan silabus, RPP, penilaian siswa dan lain-lain maupun yang bersifat tambahan kadang-kadang mereka malas untuk mengerjakannya. Hal ini menjadi perhatian khusus dari kepala madrasah untuk menerapkan sistem manajemen pembelajaran yang menunutut guru-guru untuk melakukam pengelolaan administrasi dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menunjang kompetensi guru secara pribadi maupun untuk kepentingan sekolah/madrasah dalam mengembangkan manajemen pembelajaran sebagai bekal persiapan penilaian akreditasi madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pengakomodasian manajemen pembelajaran PKn, peningkatan aktivitas dan prestasi manajemen pembelajaran PKn, persepsi dan tindakan terhadap pelaksanaan manajemen pembelajaran PKn di MTs Al - Furqon Cisarua. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analsis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu; reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Ketiganya dilakukan secara interaktif dengan proses pengumpulan data (data collection) sebagai satu siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan dilakukan dengan cara mendorong dan memotivasi guru PKn dalam melaksanakan manajemen pembelajaran, dalam pengorganisasian guru dimotivasi untuk mengembangkan kreativitasnya dalam kegiatan organisasi profesi dan mengikuti kegiatan forum ilmiah yang berguna ilmunya terutama pengembangan manajemen pembelajaran PKn, pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dilakukan secara periodik, berkala bertahap dan berkesinambungan, meneliti dengan seksama laporan-laporan yang disusun oleh guru PKn atau yang lainnya yang melaksanakan perencaan dalam rangka efektivitas pelaksanaan manajemen pembelajaran. Faktor pendukungnya anatara lain: tingkat pendidikan guru yang memadai, kepribadian dedikasinya tidak diragukan, kemampuan mengajar yang baik dan kedisiplinan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang motivasi dalam mengajar, orangtua siswa yang kurang apresiatif, serta lingkungan yang tidak berbaur dengan masyarakat pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pembelajaran; Guru PKN |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Umay Sumarna |
Date Deposited: | 07 May 2018 08:46 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8998 |
Actions (login required)
View Item |