Ismail, Muhamad Fauzi (2013) Hubungan antara kemandirian dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Sukamanah Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari penemuan peneliti yang melihat adanya ketidakseimbangan antara kemandirian dengan prestasi belajar pada siswa MAN Sukamanah. Para siswa yang kebanyakan tinggal di pesantren dituntut harus hidup mandiri jauh dari tempat tinggal. Mereka harus melakukan semua aktivitas kelangsungan hidupnya sendiri. Di pesantren sendiri semua aktivitasnya sudah diatur dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Waktu belajarnya pun sudah diatur antara pendidikan madrasah dan pendidikan pesantren sudah ada waktunya masing-masing, sehingga para siswa seharusnya mampu memiliki prestasi yang tinggi. Namun, nyatanya tidak semua siswa mempunyai prestasi yang tinggi di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kemandirian pada siswa MAN Sukamanah Tasikmalaya kelas XI, selain itu juga untuk mengetahui bagaimana gambaran prestasi belajar pada siswa MAN Sukamanah Tasikmalaya kelas XI. Serta untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kemandirian dengan prestasi akademik pada siswa MAN Sukamanah Tasikmalaya kelas XI. Menurut Steinberg (2002) remaja yang mandiri umumnya menunjukkan prestasi belajar yang lebih memadai dan mampu bersaing dibandingkan dengan remaja yang masih bergantung kepada orang lain. Fenomena di atas tentu bertolak belakang dengan teori yang disebutkan oleh Steinberg tadi sehingga dilakukanlah penelitian untuk memahami fenomena tersebut dan ingin mengetahui hubungan antara kemandirian dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI MAN Sukamanah Tasikmalaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kemandirian dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI MAN Sukamanah Tasikmalaya. Untuk mengetahui hubungan antara kemandirian dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI MAN Sukamanah Tasikmalaya, Peneliti melakukan riset terhadap sampel sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala model likert untuk variabel kemandirian dan untuk variabel prestasi belajar dilihat dari nilai rata-rata buku raport dari masing-masing siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa dari 100 siswa kelas XI MAN Sukamanah Tasikmalaya terdapat 54 (54%) siswa yang memiliki tingkat kemandirian tinggi dan 58 (58%) siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi. Analisis korelasi menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,477 (korelasi sedang) artinya terdapat hubungan antara kemandirian dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI MAN Sukamanah Tasikmalaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian; prestasi belajar; siswa; |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Mr. Jajang Burhanudin |
Date Deposited: | 28 Jan 2016 07:53 |
Last Modified: | 07 Apr 2020 07:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90 |
Actions (login required)
View Item |