Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Return On Asset (ROA) terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT Bukit Asam Tbk periode 2013-2022

Rismaya, Rismaya (2024) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Return On Asset (ROA) terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT Bukit Asam Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya perbedaan teori dalam data laporan keuangan mengenai pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Return on Asset (ROA) terhadap Cash Holding. Dalam hal ini dikarenakan fenomena tidak sesuai dengan teori yang sudah ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial ataupun simultan dari Net Working Capital terhadap Cash Holding Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Studi PT. Bukit Asam Tbk Periode 2013- 2022. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Net Working Capital berpengaruh positif terhadap Cash Holding, artinya apabila Net Working Capital meningkat maka Cash Holding akan meningkat, begitupun sebaliknya. Hal yang sama terjadi juga pada Return On Asset yaitu berpengaruh positif terhadap Cash Holding, artinya apabila Return On Asset naik maka Cash Holding akan naik, begitupun sebaliknya. Metode penelitian menggunakan metode deskritif dan verifikatif dengan pendekatan kuantatif. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bukit Asam Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dalam kurun waktu penelitian yaitu periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi dan pengujian hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi Spss 29.0 Student version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variabel Net Working Capital secara parsial tidak berpengaruh terhadap Cash Holding, dibuktikan dengan hasil uji t sebesar -1.821 < 2.364 Dengan nilai signifikansi sebesar 0,106 > 0,05. 2) Return On Asset secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Cash Holding, dibuktikan dengan hasil uji t sebesar -2,916 < 2.364 dengan nilai signifikansi 0,06 > 0,05. 3) Secara silmutan Net Working Capital dan Return On Asset berpengaruh dan signifikan Terhadap Cash Holding, dibuktikan dengan hasil uji f sebesar 0.100 > 0,05. Dengan koefisien determinasi bahwa tiga variabel independen berpengaruh 48,3% tetapi sisanya 51,7% dipengaruhinya akibat variabel lain diluar persamaan regresi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital; Return On Asset; Cash Holding
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rismaya Rismaya
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:47
Last Modified: 04 Jul 2024 08:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90101

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item