Relasi kuasa santri: Studi tentang perilaku bullying di kalangan santri Putra Pondok Pesantren Syamsul Ulum Muhammadiyah Ujung Berung di Kota Bandung

Jawanda, Salsabila Fawwaz (2024) Relasi kuasa santri: Studi tentang perilaku bullying di kalangan santri Putra Pondok Pesantren Syamsul Ulum Muhammadiyah Ujung Berung di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang permasalahan perilaku bullying di kalangan santri putra dengan fokus analisis pada pondok pesantren Syamsul Ulum Muhammadiyah Ujung Berung di Kota Bandung, Jawa Barat. Pondok pesantren ini dijadikan fokus penelitian karena perilaku bullying yang terjadi dikarenakan adanya relasi kuasa yang tidak seimbang antar santri hal itu menjadi fenomena menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying santri, menemukan faktor-faktor penyebab santri melakukan perilaku bullying tersebut serta memahami dampak bullying terhadap santri putra Pondok Pesantren Syamsul Ulum Muhammadiyah Ujung Berung Bandung. Landasan teori yang digunakan adalah teori relasi kuasa Micahel Foucault yang menyatakan bahwa kuasa berjalan melalui normalisasi dan regulasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik observasi non-partisipan dan wawancara terstruktur dengan 14 informan yaitu sepuluh santri, tiga pembina serta satu kepala madrasah Syamsul Ulum Muhammadiyah Ujung Berung Bandung. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data narasi (narrative analysis) untuk mengamati dan mengumpulkan data dari informan yang telah diwaawancarai kemudian disajikan dalam bentuk narasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying santri itu memiliki dua kategori yaitu bullying verbal dan non verbal. Faktor-faktor penyebab yang melatar belakangi bentuk bullying tersebut adalah keluarga, teman sebaya dan kondisi lingkungan sosial. Dampak dari perilaku bullying tersebut mengarah pada dampak psikologis berupa rendah diri, pengurungan diri, takut, dan cemas, prestasi akademik menurun, dan potensi korban bullying menjadi pelaku bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Bullying; Santri; Relasi Kuasa
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Salsabila Fawwaz
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:10
Last Modified: 05 Jul 2024 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90109

Actions (login required)

View Item View Item