Pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Non-Performing Financing terhadap Financial Distress: Studi kasus pada Bank Aceh Syairah periode 2013-2022

Yusnandar, Muttaqin (2024) Pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Non-Performing Financing terhadap Financial Distress: Studi kasus pada Bank Aceh Syairah periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari gagasan pemikiran bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non-Performing Financing (NPF) terhadap Financial Distress pada Bank Aceh Syari’ah. Financial Distress merupakan suatu kondisi dimana suatu perusahaan menghadapi kesulitan keuangan. Financial distress didefinisikan sebagai tahap memburuknya kondisi keuangan yang terjadi sebelum terjadinya kebangkrutan atau likuidasi. Berdasarkan teori yang ada, Capital Adequacy Ratio (CAR) sebagai rasio permodalan bank dapat mengurangi risiko terjadinya Financial Distress, sedangkan Non-Performing Financing (NPF) jika nilainya terlalu tinggi, maka akan meningkatkan risiko terjadinya Financial Distress. Hal ini tidak selaras dengan hasil perhitungan yang dilakukan oleh penulis pada laporan keuangan PT. Bank Aceh Syari’ah. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh antara CAR terhadap Financial Distress secara parsial, menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh NPF terhadap Financial Distress secara parsial, menganalisis dan mengetahui bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non-Performing Financing (NPF) terhadap Financial Distress secara simultan pada PT. Bank Aceh Syari’ah tahun 2013-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder time series yaitu laporan keuangan PT. Bank Aceh Syari’ah tahun 2013-2022. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, uji T dan uji F untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Non-Performing Financing (NPF) terhadap Financial Distress baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif terhadap Z Score atau dengan kata lain CAR berpengaruh negatif terhadap Financial Distress pada PT. Bank Aceh Syari’ah tahun 2013-2022 dengan nilai Sig. > 0.05 yaitu 0.208 > 0.05. Sedangkan secara parsial pada Non-Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif terhadap Z Score atau dengan kata lain NPF berpengaruh positif terhadap Financial Distress pada PT. Bank Aceh Syari’ah tahun 2013-2022 dengan nilai Sig. < 0.05 yaitu 0.006 < 0.05. Selanjutnya, secara simultan diketahui bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non-Performing Financing (NPF) berpengaruh terhadap Financial Dsitress pada PT. Bank Aceh Syari’ah tahun 2013-2022 dengan nilai Sig. < 0.05 yaitu 0.019 < 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio; Financial Distress; Non-Performing Financing
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muttaqin Yusnandar
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:46
Last Modified: 05 Jul 2024 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90140

Actions (login required)

View Item View Item