Analisis perlakuan akuntansi dana zakat, infak/sedekah dan dana non halal berdasarkan PSAK 109 pada LAZISNU PWNU Jawa Barat

Rukmana, Futri Humaeroh (2024) Analisis perlakuan akuntansi dana zakat, infak/sedekah dan dana non halal berdasarkan PSAK 109 pada LAZISNU PWNU Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

Lembaga Amil Zakat, Infak/Sedekah Nadhatul Ulama (LAZISNU) Jawa Barat merupakan lembaga pengelolaan zakat, infak/sedekah yang di buat oleh pengurus Wilayah Nadhatul Ulama (PWNU) Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 Lembaga Amil Zakat (LAZ) harus melakukan proses perlakuan akuntansi dana zakat, infak/sedekah dan dana non halal sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Akan tetapi dalam penerapannya masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui kesesuaian proses pengelolaan perlakuan akuntansi dana zakat, infak/sedekah dan dana non halal pada LAZISNU PWNU Jawa Barat dengan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 109.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. jenis data yang diambil menggunakan penelitian yaitu field research dan library research dengan jenis data kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perlakuan akuntansi dana zakat, infak/sedekah pada LAZISNU PWNU Jawa Barat belum sepenuhnya menerapkan PSAK 109 dalam hal penyajian dan pengungkapannya. LAZISNU PWNU Jawa barat untuk laporan keuangan masih dalam satu laporan keuangan belum disajikan secara terpisah sesuai dengan PSAK 109, dan dana non halal tidak disajikan dalam laporan keuangan akan tetapi disatukan dengan dana amil untuk pengungkapannya masih belum sesuai masih ada poin dari paragraf PSAK 109 mengenai pengungkapan dana non halal yang belum diungkapkan. LAZISNU PWNU Jawa Barat untuk pengungkapannya tidak membuat Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) tetapi membuat laporan rencana realisasi penerimaan dan penyaluran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perlakuan Akuntasi; PSAK 109; LAZISNU PWNU Jawa Barat
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Futri Humaeroh
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:39
Last Modified: 08 Jul 2024 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90196

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item