Dinariansyah, Bagus Ariel (2024) Hubungan sikap tawadhu’ dengan interpersonal Skills pada remaja: Studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 54 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan remaja tidak luput dari lingkungan sosial yang memberikan banyak pengaruh terhadap pembentukan berbagai aspek kehidupan terutama pada aspek sosio-psikologis. Remaja harus memiliki keterampilan interpersonal yang efektif agar dapat berinteraksi dengan orang lain sesuai dengan standar masyarakat. Sikap tawadhu atau rendah hati dapat memegang peran penting dalam memperkuat interpersonal skills pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap tawadhu dengan interpersonal skills pada remaja. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 54 Kota Bandung yang berjumlah 71 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), uji deskriptif, dan uji korelasi dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) pada sikap tawadhu, terdapat dua siswa (3%) pada kategori sangat rendah, enam siswa (8%) kategori rendah, 24 siswa (34%) kategori cukup, 26 siswa (37%) kategori sedang, 11 siswa (15%) kategori tinggi, dan dua siswa (3%) kategori sangat tinggi. 2) pada interpersonal skills, terdapat empat siswa (6%) pada kategori sangat rendah, 15 siswa (21%) kategori rendah, 21 siswa (30%) kategori cukup, 22 siswa (31%) kategori sedang, enam siswa (8%) kategori tinggi, dan tiga siswa (4%) kategori sangat tinggi. 3) Pada uji korelasi spearman rho diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.001 < 0.05 dan nilai correlation coefficient sebesar 0,388 hubungannya terdapat di 0.26 s/d 0.50 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel sikap tawadhu (X) dengan variabel interpersonal skills (Y) memiliki korelasi dengan hubungan cukup dan positif. Oleh karena itu, kedua variabel memiliki hubungan yang berarti semakin tinggi sikap tawadhu pada remaja, maka interpersonal skills remaja pun tinggi. Begitupun sebaliknya, semakin rendah sikap tawadhu pada remaja, maka interpersonal skills remaja pun rendah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tawadhu; Interpersonal Skills; Remaja |
Subjects: | Psychology > Education of Psychology Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters Differential and Developmental Psychology > Character Development |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Bagus Ariel Dinariansyah |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 06:04 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 08:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90208 |
Actions (login required)
View Item |