Hubungan Kesadaran Diri Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara Pada Remaja Akhir Pengendara Motor

Hasriana, Fadilah (2018) Hubungan Kesadaran Diri Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara Pada Remaja Akhir Pengendara Motor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Menurut National Vital Statistics Reports (2008) dalam Santrock (2011) ada tiga penyebab utama kematian pada remaja, yakni kecelakaan, pembunuhan, dan bunuh diri, lebih dari setengah kematian remaja berusia 15 hingga 24 tahun ini disebabkan oleh kecelakaan, yang tiga perempatnya disebabkan oleh kecelakaan bermotor roda dua. Banyak dari remaja yang tidak memahami perilaku keselamatan berkendara, yang menurut Kusmagi (2010) keselamatan berkendara adalah mengutamakan keselamatan, yaitu keselamatan diri dan juga pengguna jalan lain. Munculnya perilaku keselamatan berkendara mungkin saja akan berhubungan dengan kesadaran diri seseorang. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesadaran diri dengan perilaku keselamatan berkendara pada remaja akhir pengendara motor. Peneliti menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunkan teknik sampling purposive, dengan jumlah 280 orang responden remaja akhir, yang berada pada rentang usia 18 sampai 22 tahun, dan dapat menggunakan motor. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kesadaran diri dan skala perilaku keselamatan berkendara. Uji statistik menggunakan uji Rank Spearman pada α = 5% menujukkan adanya hubungan antara kesadaran diri dengan perilaku keselamatan berkendara pada remaja akhir pengendara motor dengan pvalue sebesar 0.000, koefisien korelasi sebesar 0.712 dengan tanda positif, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.517 atau 51.70%, hasil H0 di tolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kesadaran diri; perilaku keselamatan berkendara; remaja akhir pengendara motor
Subjects: Human Physiology > Adult Development and Maturity
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Fadilah Hasriana
Date Deposited: 08 May 2018 08:10
Last Modified: 08 May 2018 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9021

Actions (login required)

View Item View Item