Penerapan kegiatan Muhadharah dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia : Penelitian deskriptif kualitatif di kelas VI MI YAPINUR Limbangan

Prasasti, Aura Vista (2023) Penerapan kegiatan Muhadharah dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia : Penelitian deskriptif kualitatif di kelas VI MI YAPINUR Limbangan. Sarjana thesis, UIN Sunaan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran akan pentingnya memiliki keterampilan berbicara. Memiliki keterampilan berbicara dapat memberikan berbagai manfa’at. Hal tersebut yang kemudian mendorong MI YAPINUR Limbangan untuk mencari sebuah solusi agar siswa-siswi di MI YAPINUR Limbangan memiliki keterampilan berbicara siswa yang baik. Sehingga kemudian MI YAPINUR Limbangan memilih kegiatan muhadharah sebagai kegiatan yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan serta meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan memiliki keterampilan berbicara diharapkan siswa dapat berbicara di depan umum dengan baik dan mampu di pahami oleh pendengar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai kegiatan muhadharah yang dihadirkan di MI YAPINUR Limbangan tentunya dalam meningkatkan keterampilan berbicara sekaligus sebagai bentuk dari tercapainya pembelajaran bahasa Indonesia serta mampu membuat siswa dengan baik menyampaikan ajaran islam yang telah dipelajari melalui kegiatan pembelajaran dikelas dan menjadi salah satu wadah yang dapat membantu pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan, mulai dari mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunanakan sejumlah narasumber, diantaranya kepala sekolah, guru pembimbing dan enam siswa kelas VI MI YAPINUR Limbangan. Hasil dalam penelitian ini adalah kegiatan muhadharah dapat menjadi kegiatan yang membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Keterampilan berbicara siswa diketahui mengalami peningkatan dengan dilihat dari terpenuhinya beberapa indikator keterampilan berbicara melalui praktik pidato/muhadharah. Diantara tujuh indikator keterampilan berbicara, lima diantaranya telah terpenuhi. Sehingga dengan begitu dapat diketahui bahwa kegiatan muhadharah di MI YAPINUR Limbangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kegiatan muhadharah; keterampilan berbicara; bahasa indonesia
Subjects: Causation
Applied Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aura Vista AVP Prasasti
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:27
Last Modified: 09 Jul 2024 02:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90212

Actions (login required)

View Item View Item